Masjid Ahmadiyah di Depok: Disegel, Disiram Cat, Dilempari Telur Busuk

Selain disegel, Masjid Ahmadiyah di Depok juga kerap mendapat intimidasi

Depok, IDN Times - Hidup sebagai minoritas di negeri ini memang tidak mudah. Banyak persoalan yang harus mereka hadapi, mulai dari diskriminasi hingga intimidasi. Bahkan untuk sekedar beribadah di rumah ibadah pun seringkali mereka kesulitan.

Jemaah Gereja Yasmin di Bogor, misalnya, harus beribadah di depan Istana Negara karena gereja mereka disegel. Senasib dengan mereka adalah jemaah Ahmadiyah di Depok. Sampai saat ini masjid mereka disegel aparat, membuat mereka terpaksa salat di luar masjid.

Masjid tersebut bernama Al Hidayah, berlokasi di Jalan Raya Mochtar Rt03/01 Kelurahan Sawangan Depok, Jawa Barat. Kini bangunan masjid 'disegel' garis polisi. Palang-palang kayu dipaku di pintu masjid, membuat tak seorang pun bisa masuk.

Anggota Jemaah Ahmadiyah, Totok, mengatakan selain penyegelan masjid, anggota Ahmadiyah di sana juga kerap mendapatkan intimidasi.

1. Pelaku intimidasi bukan warga sekitar

Masjid Ahmadiyah di Depok: Disegel, Disiram Cat, Dilempari Telur Busuk IDN Times/Akhmad Mustaqim

Totok mengatakan salah satu intimidasi adalah penyerangan yang terjadi pada 24 Januari 2017. Pelaku penyerangan yang berlangsung tengah malam itu diduga bukan warga sekitar.

"Pelakunya bukan warga sekitar sini, setelah aksi penyerangan itu terjadi pelaku langsung kabur ke sana (arah Parung Bingung)," kata Totok.

Baca juga: Masjidnya Disegel, Ahmadiyah Bantah Tertutup

2. Masjid dilempari kaleng cat 

Masjid Ahmadiyah di Depok: Disegel, Disiram Cat, Dilempari Telur Busuk IDN Times/Akhmad Mustaqim

Selain penyerangan ada juga bentuk intimidasi lain, yakni pelemparan kaleng berisi cat ke arah masjid. Akibatnya masjid dan pelataran pun ternoda muntahan cat. Totok mengatakan tak mudah membersihkan tumpahan cat tersebut.

"Ada saja yang iseng melempar cat, sampai ke tembok, ada yang ke lantai juga, seperti ini contohnya," kata Totok saat mengajak IDN Times melihat akibat lemparan cat tersebut.

3. Masjid juga sering dilempari telur busuk

Masjid Ahmadiyah di Depok: Disegel, Disiram Cat, Dilempari Telur Busuk IDN Times/Akhmad Mustaqim

Selain pelemparan kaleng cat, intimidasi lainnya adalah pelemparan telor busuk ke arah jemaah yang sedang melakukan ibadah.  

Telur busuk itu juga dilemparkan ke arah CCTV. Sehingga lagi-lagi Totok harus membersihkan tempat ibadah yang disegel pemerintah itu.

"Pelempar biasanya langsung ngelempar telur busuk ke arah masjid begitu saja," ujarnya.

Baca juga: Cerita Ironisnya Masjid Ahmadiyah di Depok yang Masih Disegel


Topik:

Berita Terkini Lainnya