Gereja Ditutup, Jemaah Dua Gereja Ini Terlunta-lunta

Mereka pun terpaksa menggelar ibadah di depan Istana Negara

Jakarta, IDN Times - Sejumlah jemaah Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin Bogor dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia Bekasi menggelar ibadah di depan Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (19/2). 

"Ini sudah ke 163 kali. Ini kami lakukan setiap dua minggu sejak Februari 2012," kata Bona Sigalingging perwakilan dari GKI Yasmin di depan Istana Negara.

1. Mereka meminta agar gerejanya dibuka kembali

Gereja Ditutup, Jemaah Dua Gereja Ini Terlunta-luntaIDN Times/Akhmad Mustaqim

Jemaah GKI Yasmi dan HKBP Filadelfia menggelar ibadah di depan Istana Negara karena gerejanya ditutup. Mereka berharap dengan melakukan ibadah di depan istana, Presiden Joko Widodo bisa melihat dan bisa membuka gerejanya.

"Ibadah ini akan kami lakukan sampai Gereja kami dibuka baik yang di Bogor ataupun yang di Bekasi karena di sana sudah punya IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan sudah dikuatkan di pengadilan," ucap Bona saat ditemui menjelang Ibadah berlangsung.

Baca juga: Tiga Pandangan Putri Gus Dur Soal Serangan di Gereja St. Lidwina

2. Jemaah GKI Yasmin bernegosiasi dengan Pemkot Bogor 

Gereja Ditutup, Jemaah Dua Gereja Ini Terlunta-luntaIDN Times/Akhmad Mustaqim

Bona menyebut mereka sedang bernegosiasi dengan Walikota Bogor Bima Arya soal pembangunan Gereja itu. Bona menyebut negosiasi itu soal sejumlah lahan yang akan dihibahkan pihak gereja untuk membangun masjid.

"Di GKI Yasmin masih dalam tahap pembicaraaan teknis untuk membagi lahan, jadi lahan di gereja yang mau dibangun ada bagian yang dihibahkan untuk membangun masjid," ujarnya.

3. Di GKI Yasmin akan dibangun Gereja dan Masjid berdampingan

Gereja Ditutup, Jemaah Dua Gereja Ini Terlunta-luntaIDN Times/Akhmad Mustaqim

Bona menyebutkan masjid yang dibangun di lahan hibah akan didirikan berdampingan dengan GKI Yasmin. Soal Berapa lahan yang akan dihibahkan oleh GKI Yasmin dan Pemkot Bogor masih belum menemukan angka yang cocok.

"Pak Bima Arya punya gagasan ini. Jadi nanti di lahan yang dihibahkan akan dibangun Masjid, berdampingan dengan gereja. Itu sebagai simbol bagian dari konstitusi saling berbeda, saling berdampingan," ujarnya.

4. Pemerintah Kabupaten Bekasi belum merespon

Gereja Ditutup, Jemaah Dua Gereja Ini Terlunta-luntaIDN Times/Akhmad Mustaqim

Sementara itu Bona menyebut HKBP Filadelfia masih belum mendapatkan titik temu. Menurut Bona, Pemerintah Kabupaten Bekasi masih belum menemui pihak gereja.

"Sampai sekarang masih disegel. Di Bekasi belum ada titik terang. Bupati Bekasi belum mau bertemu," kata Bona.

Kegiatan ibadah yang dilakukan di depan Istana tidak berlangsung lama, hanya sekitar 60 menit. Setelah usai berdoa dan melantunkan lagu pujian jemaah langsung meninggalan Istana Negara.

Baca juga: Setelah Gereja, Kini Giliran Masjid di Tuban Dirusak



Topik:

Berita Terkini Lainnya