[VIRAL] Pesan Presiden Filipina Pada Pengedar Narkoba: 'Ini Akan Jadi Natal Terakhir Kalian'

Ngeri...

Presiden Filipina Rodrigo Duterte termasuk pemimpin negara yang paling brutal saat ini. Mantan wali kota Davao City ini resmi menjabat sebagai presiden Filipina pada tanggal 30 Juni 2016 lalu. Sejak saat itu, sudah ada sekitar 2.000 orang yang meninggal di tangan petugas kepolisian.

Mereka mati karena kebijakan perang terhadap pengedar obat-obatan terlarang yang banyak dikritik, termasuk oleh Presiden Barack Obama dan Amnesty International. Kebrutalannya sudah terlihat sejak mencalonkan diri jadi presiden pada tahun 2015. Salah satu buktinya adalah video yang berisi ucapan selamat natal dari Duterte tahun lalu.

Video tersebut kembali viral beberapa hari ini.

Di video tersebut Duterte berkata:

Kalian tahu, saya hanyalah seorang manusia biasa. Untuk itulah saya akan tetap mengucapkan 'selamat Natal untuk kalian para pengguna narkoba, pencuri, koruptor, kriminal dan semua orang yang membuat hidup rakyat Filipina menderita. Jika kalian tak ingin menghentikan tindakan kalian dan kekerasan akan terus berlanjut, ini akan jadi Natal terakhir kalian.'

Baca Juga: [Video] Setelah Hina Obama, Presiden Filipina Duterte Kini Menyesal

Dokumentasi reporter The New York Times menunjukkan kejamnya perang terhadap narkoba yang digalakan Duterte.

[VIRAL] Pesan Presiden Filipina Pada Pengedar Narkoba: 'Ini Akan Jadi Natal Terakhir Kalian'Daniel Berehulak via nytimes.com

Reporter media internasional The New York Times melaporkan langsung dari Filipina di mana hasil laporannya baru saja diterbitkan kemarin (7/12). Warga banyak yang takut dan menurut mereka pemerintah "membantai mereka seperti binatang". Bahkan, seorang gadis berusia 17 tahun dibunuh bersama kekasihnya yang berumur 21 tahun tanpa kejelasan apakah mereka memang terlibat dalam jaringan pengguna atau pengedar narkotika.

Baca Juga: Mulai Dari Menghina Kandidat Lain Hingga Paus, Inilah Sosok Presiden Baru Filipina

Topik:

Berita Terkini Lainnya