Studi: Pria Dianggap Lebih Menarik Saat Ditaksir Banyak Perempuan

Ah, masa iya?

St. Andrews, IDN Times - Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari University St. Andrews, University of Durham dan University of Exeter menunjukkan bahwa perempuan menilai seorang laki-laki menarik jika ada perempuan lain yang menaksirnya.

1. Laki-laki yang disukai banyak perempuan dipandang berkarakter baik

Studi: Pria Dianggap Lebih Menarik Saat Ditaksir Banyak Perempuanunsplash.com/Jens Johnsson

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di situs nature.com, level atraktif seorang laki-laki semakin meningkat ketika banyak perempuan menyukainya. Ini karena ia diyakini lebih baik hati, setia dan berpotensi jadi ayah yang baik.

Para peneliti menemukan bahwa penilaian perempuan terhadap laki-laki bisa dipengaruhi oleh perempuan lain. Hasil ini ditemukan melalui pemberian tes kepada 49 perempuan. Mereka diberikan foto wajah, tangan dan hasil karya beberapa laki-laki yang mungkin jadi pasangan potensial.

2. Ketika beberapa perempuan memberikan respons baik kepada seorang laki-laki, perempuan lain akan terpengaruh

Studi: Pria Dianggap Lebih Menarik Saat Ditaksir Banyak Perempuanunsplash.com/Loic Djim

Tes diberikan oleh para peneliti sebanyak dua kali. Pertama, mereka hanya memberi penilaian tanpa diberitahu apa pendapat peserta perempuan lainnya. Tes kedua dilakukan setelahnya. Bedanya, setiap perempuan diinformasikan berapa penilaian rata-rata dari peserta lain.

Penilaian masing-masing perempuan meningkat 13 persen dibanding tes pertama. Ini terjadi usai mereka mengetahui pandangan setiap perempuan di ruangan terhadap laki-laki tersebut. Peneliti melihat hasil ini sebagai sesuatu yang menarik.

3. Studi sebelumnya menyebut perempuan lebih tertarik pada laki-laki yang sudah berpasangan

Studi: Pria Dianggap Lebih Menarik Saat Ditaksir Banyak Perempuan20th Century Fox

"Perempuan tampaknya menirukan preferensi pasangan dari perempuan lain, tapi ini bisa jadi karena manusia punya tendensi umum untuk bisa dipengaruhi pendapat orang lain," ujar salah seorang peneliti.

Sebelumnya, ada sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Experimental Social Psychology pada 2016 yang mendukung hasil penelitian ini. Berdasarkan studi itu, 90 persen perempuan single lebih tertarik pada laki-laki yang punya pasangan.

Baca juga: Survei: Millennial Lebih Suka Online Chatting Daripada Tatap Muka

Topik:

Berita Terkini Lainnya