Bukan Baju Atau Sepatu, Toko Online Ini Jual Pesawat

Ini baru greget

Hangzhou, IDN Times - Sebuah rekor berhasil dicatatkan oleh situs belanja online milik Alibaba yang bernama Taobao. Situs yang mirip Amazon dan eBay tersebut mampu menjual dua buah pesawat bekas melalui proses lelang.

Dua pesawat itu dihargai miliaran rupiah.

Bukan Baju Atau Sepatu, Toko Online Ini Jual PesawatIlustrasi/cargofact.com

Dikutip dari BBC, dua buah pesawat berjenis Boeing 747 itu berhasil dijual sebesar Rp 645 miliar. Keduanya adalah milik sebuah perusahaan kargo Jade International yang bangkrut pada September 2013. 

Dua pesawat tersebut sudah berada di hanggar di Shanghai dan Shenzhen selama empat tahun. Sejak 2013 pengadilan berupaya menjual keduanya. Awalnya mereka menjualnya melalui lelang offline dan gagal. Akhirnya mereka memilih untuk memasukannya ke situs belanja online dan rupanya justru berhasil. 

Usai melalui proses lelang yang cukup panas dengan diikuti 26 penawar, pembeli yang berhasil mendapatkan kedua pesawat itu adalah perusahaan Tiongkok SF Airlines. Sebenarnya masih ada satu pesawat lagi. Namun belum bisa dilelang karena baru ada satu peserta yang mendaftarkan diri.

Baca juga: Pebisnis Ini Rogoh Rp 16 miliar Demi Pesawat Bekas

Sebelumnya, eBay juga sukses menjual barang tak biasa bernilai fantastis.

Bukan Baju Atau Sepatu, Toko Online Ini Jual PesawatIlustrasi/heraldscotland.com

Sebelum Taobao, ada eBay juga sukses mencatatkan penjualan fantastis. Pada 2006, perusahaan asal Amerika Serikat itu menjual sebuah superyacht senilai Rp 1,1 triliun. Jumlah tersebut berhasil mengalahkan penjualan jet setahun sebelumnya sebesar Rp 66 miliar.

Baca juga: Baju Resepsi Hilang di Pesawat, Pria Ini Gunakan Celana Pendek

Topik:

Berita Terkini Lainnya