Senator Australia Ini Kembali Susui Anaknya Saat Sidang

Parlemen Australia semakin ramah terhadap ibu dan anak.

Seorang senator bernama Larissa Waters menjadi wanita pertama yang menyusui sang bayi ketika berpidato di dalam gedung parlemen Australia. Sebelumnya, Waters juga menjadi pemberitaan ketika tertangkap kamera menyusui bayinya yang bernama Alia Joy yang baru berusia 14 minggu.

Waters menyampaikan persetujuannya terhadap suatu mosi sambil menyusui.

Senator Australia Ini Kembali Susui Anaknya Saat SidangAAP via BuzzFeed

Pada 22 Juni 2017, senat Australia di Canberra tengah membahas tentang mosi atau usulan mengenai penanganan penyakit paru hitam yang banyak diderita oleh warga Queensland, Australia, yang berprofesi sebagai penambang batubara.

Waters, yang kebetulan berasal dari Queensland, mendapat giliran untuk menyampaikan pidato singkat mengenai mosi tersebut. Dari video yang beredar viral, Waters terlihat berdiri dan langsung mendekatkan wajahnya ke pengeras suara.

Sambil menyusui Alia, Waters yang merupakan anggota Partai Hijau dengan ideologi yang berpihak kepada lingkungan, keadilan sosial, serta anti-kekerasan tersebut berkata kepada pimpinan sidang bahwa ia menyetujui mosi tersebut untuk dibahas di senat.

Senator Australia Ini Kembali Susui Anaknya Saat SidangBuzzFeed

Baca Juga: Senator Australia Menyusui Bayi Saat Sidang Parlemen

Ini bukan pertama kalinya Waters menyusui bayinya di ruang sidang.

Senator Australia Ini Kembali Susui Anaknya Saat SidangMick Tsikas/AAP Image via BuzzFeed

Pada Mei lalu Waters juga menciptakan sejarah ketika ia menyusui Alia di dalam ruang sidang. Bedanya, saat itu ia tak harus berdiri dan menyampaikan mosi. Kala itu, Waters mengaku senang dengan perkembangan secara kultur yang terjadi di tempatnya bekerja.

"Saya bangga bahwa putri saya Alia adalah bayi pertama yang disusui di Parlemen Federal. Kita butuh semakin banyak perempuan dan orangtua di parlemen. Dan kita butuh semakin banyak tempat kerja yang bersahabat kepada keluarga dan fleksibel, serta layanan kesehatan anak yang bisa terjangkau oleh semua orang," kata Waters.

Sebelumnya, Parlemen Australia sempat melarang ibu menyusui bayinya di ruang sidang. Anak-anak juga diharamkan masuk ke tempat tersebut. Ketika voting, ibu yang ingin menyusui bayinya harus ke luar ruangan dan suaranya diwakilkan kepada orang lain.

Senator Australia Ini Kembali Susui Anaknya Saat SidangAAP via BuzzFeed

Sebenarnya Waters bukan satu-satunya anggota parlemen di dunia yang melaksanakan tugasnya sembari menyusui sang buah hati. Pada Oktober lalu seorang anggota parlemen Islandia bernama Unnur Bra Konradsdottir juga melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Waters. Bedanya, ia harus maju ke podium sambil menggendong si bayi.

Baca Juga: Anggota Parlemen Islandia Ini Berpidato Sambil Menyusui. Tidak Ada yang Menganggap Itu Aneh!

Topik:

Berita Terkini Lainnya