Senator Australia Menyusui Bayi Saat Sidang Parlemen

Ibu lainnya mengikuti jejak sang senator.

Gedung parlemen di Canberra, Australia, mencatat sejarah baru ketika salah seorang senator, Larissa Waters mengikuti sidang sambil menyusui bayinya yang baru berusia beberapa bulan. Dilansir dari The Telegraph, Waters tampak menyusui sambil menyimak pidato anggaran belanja 2017 yang disampaikan Bendahara Utama Scott Morrison pada Selasa, 9 Mei 2017, waktu setempat. 

Waters berhasil mengubah peraturan Senat. Sebelumnya, kegiatan menyusui dilarang di ruang sidang parlemen. Anak-anak pun dilarang berada di ruang sidang. Berkat perjuangannya, kini parlemen mengizinkan para ibu menyusui anaknya di ruang sidang. 

Waters jadi orang pertama menyusui di ruang sidang.

Senator Australia Menyusui Bayi Saat Sidang ParlemenCouriermail.com.au

Waters dan bayinya, Lia Joy Waters, mencatat sejarah menjadi orang pertama yang menyusui bayinya di dalam gedung parlemen. Sebagai seorang ibu sekaligus senator, Waters merasa sangat bangga. Menurut dia, para ibu bekerja membutuhkan tempat kerja yang lebih ramah terhadap keluarga dengan keluwesan aturan. Selain itu, ia juga menginginkan sistem pengasuhan anak lebih terjangkau, terutama dari segi biaya.

Baca juga: Anggota Parlemen Islandia Ini Berpidato Sambil Menyusui. Tidak Ada yang Menganggap Itu Aneh!

Sejarah datang dari usulan Waters tahun lalu.

Senator Australia Menyusui Bayi Saat Sidang ParlemenFacebook/larissawaters

Waters gencar melakukan lobi perubahan peraturan menyusui di ruang sidang sejak tahun lalu. Dukungan rekan senator lainnya dan para ibu yang bekerja menguatkan langkahnya.

Kelahiran Alia menjadi lambang kesetaraan gender.

Senator Australia Menyusui Bayi Saat Sidang ParlemenFacebook/larissawaters

Waters tampak antusias menyambut kelahiran anak keduanya yang memiliki wajah mirip dengannya itu. Dia bertekad akan membawa Alia ke parlemen untuk menginspirasi publik dan mengatasi ketidaksetaraan gender, serta membendung perubahan iklim yang berbahaya.

Menuai sambutan positif.

Senator Australia Menyusui Bayi Saat Sidang ParlemenTwitter/larissawaters

Rekan politikus Waters, Katy Gallagher mengatakan aturan baru itu sangat layak bagi para wanita. Dia merasa sangat senang melihat fenomena banyaknya wanita karir menyusui di tempat kerjanya. Mereka mengikuti jejak Waters membawa dan menyusi anaknya ke tempat kerja. 

Anggota parlemen Islandia menyusui saat pidato.

Senator Australia Menyusui Bayi Saat Sidang ParlemenTwitter/DaileKelleher

Tahun lalu, seorang anggota parlemen Islandia menjadi berita utama setelah menyusui bayinya memberikan sambutannya di parlemen nasional. Unnur Brá Konráðsdóttir, dari Partai Kemerdekaan, menyusui anaknya yang berusia enam minggu di atas podium. Dia menjelaskan pemungutan suara tentang Undang-undang Imigrasi yang baru. Dia menjadi orang pertama yang menyusui bayinya ketika berpidato. Sekarang, berpidato sambil menyusui tidak lagi dilarang dan bukan hal yang aneh atau tabu.

Beberapa senator sempat diusir.

Senator Australia Menyusui Bayi Saat Sidang ParlemenFacebook/larissawaters
Sebelum perjuangan Waters membuahkan hasil, kontrovensi terkait aturan menyusui muncul, hingga terjadi pada Menteri Keuangan Kelly O'Dwyer. Saat itu, Kelly diminta menyimpan air susunya di rumah, sehingga bisa mengikuti sidang parlemen tanpa gangguan. Senator Partai Hijau Sarah Hanson-Young juga melakukan hal yang sama pada Juni 2009. Mereka terpaksa membawa putranya keluar dari ruang sidang.

Baca juga: Bahkan, Uni Eropa pun Berkomentar Atas Vonis Ahok

Topik:

Berita Terkini Lainnya