Selebgram Ini Dokumentasikan Proses Pengangkatan Payudaranya

Demi menghindari kanker yang mematikan.

Jika dilihat dari luar, kehidupan seorang selebgram itu sangat dipenuhi dengan keindahan dan kebahagiaan, terutama karena foto-foto yang mereka unggah di Instagram seperti tak ada yang menyaratkan kesusahan.

Namun, selebgram asal Amerika Serikat ini berani membagikan cerita tentang hidupnya yang tak sempurna, tapi masih sangat menginspirasi. Namanya Lesley Murphy. Wanita berusia 29 tahun ini telah melalui operasi pengangkatan payudara atau mastektomi.

Selebgram Ini Dokumentasikan Proses Pengangkatan Payudaranyainstagram.com/lesleyannemurphy

Ia positif berpotensi menderita kanker payudara.

Selebgram Ini Dokumentasikan Proses Pengangkatan Payudaranyainstagram.com/lesleyannemurphy

Dikutip dari Cosmopolitan, Murphy mengikuti tes di mana hasilnya adalah ia positif memiliki gen yang sangat berisiko kanker payudara, yakni gen BRCA2. Mantan bintang reality show ini pun berkonsultasi dengan dokter pribadinya tentang langkah apa yang harus diambil.

"Dokterku berkata 'Aku tak ingin hidup dengan sesuatu yang berpotensi membawa kanker'," ia kemudian melanjutkan bahwa,"Saat itu juga aku memutuskan akan menjalani operasi pengangkatan payudara ganda."

Artinya, kedua payudara Murphy pun harus diangkat. Tentu ini bukan sesuatu yang mudah, tapi harus ia lalui. Ibu Murphy sendiri pernah didiagnosa menderita kanker payudara tiga tahun lalu. Ia pun melakukan perawatan dan berhasil terbebas dari sel ganas itu.

Baca Juga: Di-Bully karena Penyakit Kulit, Gadis Ini Ubah Tubuhnya Jadi Kanvas Seni

Murphy menceritakan prosesnya.

Selebgram Ini Dokumentasikan Proses Pengangkatan Payudaranyainstagram.com/lesleyannemurphy

Murphy memulai operasi pada 11 April lalu. Setiap proses selalu ia dokumentasikan dan bagikan ke followers-nya di Instagram (lesleyannemurphy). "Setiap kali aku bergerak, aku merasa dadaku seperti mau lepas dari tubuhku," ujarnya.

Menurut Murphy, ia perlu membagikan cerita yang jujur kepada banyak orang terkait proses yang harus dijalani. Angelina Jolie adalah figur publik dunia yang sempat mengaku melakukan mastektomi juga. Ia sempat dianggap berani karena mau mengakuinya. Namun, ia tak menceritakan prosesnya sedetil Murphy.

"Aku melihat semua artikel di situs korporasi, tapi tak ada yang menceritakan kisah jujur dari seseorang. Begitu aku tahu bahwa aku akan menjalani operasi, aku juga akan mendokumentasikannya. Aku tahu ini akan berguna. Kita tak pernah melalui sesuatu sendirian," tegasnya.

Ia ingin membangkitkan semangat perempuan lain.

Selebgram Ini Dokumentasikan Proses Pengangkatan Payudaranyainstagram.com/lesleyannemurphy

Harus kehilangan sesuatu yang banyak didefinisikan sebagai identitas perempuan tentu bukan hal mudah. Namun, pilihan ini harus dilakukan bila memang ada risiko tinggi untuk mengidap kanker. Pasti tak sedikit perempuan yang masih takut untuk menjalani mastektomi karena pikiran bahwa hidupnya takkan lagi sama.

Murphy sendiri mengaku ia merasa sangat baik usai kedua payudaranya diangkat. Meski mengalami rasa sakit dan tak bisa melakukan hal-hal yang disukainya selama masa penyembuhan, seperti berwisata, tapi ia tak ingin orang mengasihaninya.

Selebgram Ini Dokumentasikan Proses Pengangkatan Payudaranyainstagram.com/lesleyannemurphy

"Saya tak pernah ingin simpati jenis apapun melalui cerita ini. Ini adalah cerita yang membangun. Aku ingin orang-orang tahu bahwa mereka juga bisa melaluinya. Ini menakutkan, ini menyakitkan, dan kamu akan terkejut akan betapa kuatnya dirimu," kata Murphy.

Baca Juga: Melanie Gaydos, Model dengan Kelainan Genetik Langka

Topik:

Berita Terkini Lainnya