Pemerintah Korea Selatan Ingin PSY Tampil di Pyongyang

Sejauh ini nama yang sudah pasti antara lain adalah Red Velvet dan Seohyun dari Girl's Generation (SNSD).

Seoul, IDN Times - Pemerintah Korea Selatan menginginkan agar selebritas K-Pop yang populer dengan lagu Gangnam Style, Psy, untuk tampil di Pyongyang. Keinginan itu menyusul disepakatinya konser musik di ibu kota Korea Utara yang menghadirkan sederet musisi K-Pop.

1. Pemerintah Korea Utara menyatakan keberatan

Pemerintah Korea Selatan Ingin PSY Tampil di Pyongyanginstagram.com/42psy42

Dilaporkan The Guardian, Korea Utara dan Korea Selatan sepakat bahwa artis K-Pop boleh tampil dalam dua konser di Pyongyang minggu depan. Itu merupakan bagian langkah rekonsiliasi antara kedua negara setelah sebelumnya berhasil memanfaatkan momentum Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang.

Menurut stasiun TV MBC, pemerintah di Seoul sudah resmi mengajukan nama Psy. Sayangnya, Korea Utara merasa keberatan. Alasannya adalah masyarakat Korea Utara masih konservatif, sedangkan penampilan Psy sendiri dinilai bergaya provokatif.

Baca juga: Bersatu, Tim Hoki Es Korea Disebut Layak Dapat Nobel Perdamaian

2. Psy terkenal dengan lagu-lagu yang mengandung lirik vulgar

Pemerintah Korea Selatan Ingin PSY Tampil di Pyongyanginstagram.com/42psy42

Lagu Psy yang sempat sangat viral adalah Gangnam Style. Video musiknya juga begitu fenomenal hingga mendapatkan lebih dari tiga miliar views di YouTube. Penampilannya di panggung sebenarnya masih biasa saja untuk ukuran selebritas internsional.

Namun, menurut Korea Utara, Psy yang pernah tampil tanpa atasan di atas panggung itu terlalu berlebihan untuk bisa ditoleransi. Apalagi ada beberapa lirik Psy yang mengandung umpatan-umpatan berbahasa Korea.

3. Red Velvet dan anggota SNSD ikut dalam rombongan ke Pyongyang

Pemerintah Korea Selatan Ingin PSY Tampil di Pyongyanginstagram.com/42psy42

Dikutip dari Reuters, konser tersebut adalah yang pertama kali digelar sejak 2005. Sekitar 160 musisi, termasuk di antaranya adalah nama-nama besar di dunia K-Pop, akan berangkat ke Pyongyang. "Tugas pertama kali adalah membuat penonton Korea Utara sama terpukaunya seperti penonton Korea Selatan, dan memastikan tak ada kecanggungan," ujar pengarah konser yang bernama Yoon Sang.

Yonhap News mengabarkan bahwa konser akan digelar di East Pyongyang Grand Theater dan Ryugyong Jong Ju Yong Gymnasium yang memiliki kapasitas hingga 12.000 penonton. Red Velvet, anggota Girls' Generation atau SNSD bernama Seohyun, serta penyanyi legendasi Korea Selatan mulai dari Cho Yong-pil hingga Lee Sun-hee adalah nama-nama yang dipastikan akan berangkat.

Baca juga: Artis Korea Utara Lewat, Warga Korea Selatan Bakar Foto Kim Jong-un

Topik:

Berita Terkini Lainnya