Artis Korea Utara Lewat, Warga Korea Selatan Bakar Foto Kim Jong-un

Padahal sekarang adalah momentum berharga untuk dialog 2 negara...

Seoul, IDN Times - Sejumlah aktivis sayap kanan Korea Selatan membakar sebuah foto pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, pada Senin (22/1). Pembakaran foto dilakukan ketika leader dari girl band populer Korea Utara sedang lewat di jalan bersama delegasi untuk Olimpiade Musim Dingin.

1. Publik dan media Korea Selatan penasaran terhadap sosok Hyon Song-wol

Artis Korea Utara Lewat, Warga Korea Selatan Bakar Foto Kim Jong-unAP Photo via Australia Broadcasting Corporation

Korea Utara dan Korea Selatan tengah berupaya untuk menjalin komunikasi. Ini ditandai dengan keikutsertaan atlet Korea Utara dalam Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan pada Februari mendatang.

Kim Jong-un pun turut mengirimkan artis bernama Hyon Song-wol sebagai anggota delegasi. Pasalnya, ia Hyon merupakan leader dari girlband Moranbong yang akan ikut tampil. Publik dan media pun penasaran ketika rombongan Hyon dan atlet Korea Utara tengah berkunjung ke Seoul.

Baca juga: Olimpiade Musim Dingin, Girl Band Korut Akan Manggung di Korsel

2. Demonstran tak hanya membakar foto Kim Jong-un, tapi juga bendera unifikasi Korea

Artis Korea Utara Lewat, Warga Korea Selatan Bakar Foto Kim Jong-unANTARA FOTO/Shin Joon-hee/Yonhap via REUTERS

Seperti dilaporkan Australia Broadcasting Corporation, usai Hyon dan rombongan melintas di jalan raya di Seoul, sejumlah orang yang disebut aktivis sayap kanan langsung membakar sebuah foto Kim Jong-un berukuran besar.

Mereka juga membakar bendera Korea Utara serta bendera unifikasi Korea. Bendera terakhir direncanakan dibawa oleh atlet dari dua negara sebagai simbol keterbukaan untuk saling berkomunikasi. 

3. Polisi berusaha menyelidiki dalang di balik pembakaran tersebut

Artis Korea Utara Lewat, Warga Korea Selatan Bakar Foto Kim Jong-unANTARA FOTO/REUTERS/Andy Clark

Pihak berwajib menggunakan pemadam api untuk memadamkan kobaran api itu. Media setempat juga menyebutkan bahwa polisi siap melakukan investigasi. Hanya saja, polisi belum mengonfirmasi kebenaran berita tersebut.

Baca juga: Media Korea Utara Klaim Kim Jong-un Bisa Kendalikan Cuaca

Topik:

Berita Terkini Lainnya