Paus Fransiskus Persilakan Ibu-ibu Menyusui di Kapel Sistina

Menurut Paus Fransiskus, menyusui adalah bahasa cinta.

Vatikan, IDN Times - Hingga saat ini, masih banyak pandangan aneh masyarakat ketika melihat seorang ibu menyusui bayi mereka di tempat publik. Namun, pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus, mencoba mengubah itu dengan mempersilakan para ibu untuk menyusui di Kapel Sistina, Vatikan.

1. Paus Fransiskus mengatakan menyusui adalah bahasa cinta

Paus Fransiskus Persilakan Ibu-ibu Menyusui di Kapel SistinaHandout/OSSERVATORE ROMANO/AFP

Dlansir dari Reuters, ketika membaptis 34 bayi di Kapel Sistina pada Minggu (7/1), Paus Fransiskus menyiratkan bahwa menyusui bukan sebuah tindakan yang memalukan. Ia justru menyarankan agar para ibu menyusui bayi mereka bila kelaparan.

"Jika mereka mulai menampilkan sebuah konser (dengan menangis), atau bila mereka tak merasa nyaman atau terlalu hangat atau terganggu atau lapar...susui mereka, jangan takut, berikan makan, karena ini juga adalah bahasa cinta," ucapnya di hadapan jemaat selama upacara ibadah selama lebih dari dua jam.

Baca juga: Paus Fransiskus: Hukuman Mati Tak Manusiawi

2. Sebelumnya ia juga pernah mengeluarkan pernyataan serupa

Paus Fransiskus Persilakan Ibu-ibu Menyusui di Kapel Sistina
Handout/OSSERVATORE ROMANO/AFP

Pada sebuah perayaan untuk mengingat ketika Yesus dibaptis tahun lalu, Paus Fransiskus mengatakan bahwa bahwa bila bayi menangis, para ibu sebaiknya segera menyusui meski berada di dalam gereja. Vatican Radio mengutip Paus Fransiskus yang berujar bahwa itu sama seperti yang dilakukan oleh Bunda Maria.

3. Gereja Katolik sebenarnya punya gambaran tentang ibu menyusui sejak lama

Paus Fransiskus Persilakan Ibu-ibu Menyusui di Kapel SistinaHandout/OSSERVATORE ROMANO/AFP

Mengenai aktivitas menyusui yang dilakukan di dalam gereja, dosen ilmu agama di University of Dayton, Neomi DeAnda, berkata kepada NPR bahwa pernyataan Paus Fransiskus itu sebenarnya bukan sesuatu yang aneh.

"Gereja Katolik secara tradisional memiliki gambaran tentang air susu ibu, yang sesungguhnya dibungkam selama ratusan tahun," ujarnya. Salah satu yang paling terkenal, menurut DeAnda, adalah Kapel Milk Grotto di Bethlehem yang diyakini sebagai tempat Bunda Maria pertama kali menyusui Yesus.

Baca juga: Unggah Foto Menyusui, Anak Presiden Kyrgyzstan Dikritik

Topik:

Berita Terkini Lainnya