Novel Harry Poter Senilai Rp 755 Juta Dicuri dari Toko Buku

Novel tersebut hanya dicetak sebanyak 500 kopi.

Norfolk, IDN Times - Sebuah novel langka "Harry Potter and the Philosopher's Stone" dicuri dari sebuah toko buku di Norfolk, Inggris.

Itu bukan novel biasa, melainkan edisi pertama yang langka. Dikutip dari The Independent, harga novel itu ditaksir mencapai Rp 753 juta.

1. Novel Harry Potter and the Philosopher's Stone cetakan pertama dianggap 'holy grail'

Novel Harry Poter Senilai Rp 755 Juta Dicuri dari Toko Bukudesignlimitededition.com

Bagi para kolektor novel Harry Potter, cetakan pertama dari "Harry Potter and the Philosopher's Stone" merupakan sesuatu yang sangat berharga. Mereka menyebutnya sebagai "holy grail" untuk mengindikasikan betapa banyak penggemar yang memburu dan berharap bisa mengoleksinya.

Novel tersebut hilang saat toko buku itu disambangi oleh dua pencuri pada awal Januari lalu. Kepala kepolisian setempat belum bisa mengidentifikasi para pelaku yang melakukan pencurian pada antara hari Senin 8 Januari pukul 23.50 malam dan Selasa 9 Januari pukul 1.30 dini hari.

Baca juga: Gara-gara Harry Potter, Burung Hantu Jadi Langka di Indonesia

2. Novel itu hanya dicetak sebanyak 500 kopi di seluruh dunia

Novel Harry Poter Senilai Rp 755 Juta Dicuri dari Toko Bukuunsplash.com/Ester Marie Doysabas

Menurut situs kolektor novel-novel istimewa Harry Potter, abebooks.com, alasan mengapa novel pertama tersebut sangat mahal adalah karena hanya ada 500 kopi di dunia dan 300 di antaranya didonasikan ke perpustakaan.

Karakteristik utama dari novel hard cover cetakan 1997 itu adalah seri cetak "10 9 8 7 6 5 4 3 2 1". Nama pengarangnya juga tak ditulis "J.K.", melainkan "Joanne Rowling". Jika membeli di situs tersebut, harganya ditaksir mulai dari Rp 536 juta hingga Rp 738 juta.

3. Kepolisian meminta pengelola toko buku untuk menolak jika novel itu dijual di tempat mereka

Novel Harry Poter Senilai Rp 755 Juta Dicuri dari Toko Bukuunsplash.com/Rae Tian

Kepala kepolisian Norfolk, Gideon Weight-Holmes berkata bahwa pihaknya tak hanya mengejar novel Harry Potter tersebut, tapi juga edisi pertama The Hobbit dan Winnie the Pooh yang berharga. "Buku-buku tersebut sangat langka dan di beberapa kasus unik dan bukan jenis yang kamu lihat setiap hari," katanya.

Ia pun meminta pengelola toko buku untuk waspada. "Aku menyerukan kepada orang-orang, terutama penjual buku atau siapapun yang bekerja di toko buku khusus, waspadalah siapa tahu mereka menawarkan untuk menjual novel-novel itu," tambahnya.

Baca juga: Melanie Gaydos, Model dengan Kelainan Genetik Langka

Topik:

Berita Terkini Lainnya