Michelle Obama Nilai Banyak Laki-laki yang Salah Asuh

"Kadang kita berhati-hati agar tak menyakiti mereka."

Istri mantan Presiden Amerika Serikat, Michelle Obama, menjadi salah satu pembicara pada acara Obama Summit. Ia mendiskusikan beragam topik termasuk pengaruh cara mengasuh anak terhadap bagaimana perilaku mereka ketika dewasa.

Anak laki-laki dibesarkan dengan cara yang lebih istimewa.

Michelle Obama Nilai Banyak Laki-laki yang Salah AsuhInstagram Michelle Obama

Menurut Michelle, masalah yang ada saat ini tak terpisah dari apakah orangtua salah mengasuh anak-anak mereka. Misalnya, ada tendensi para ibu untuk bersikap lebih protektif terhadap anak laki-laki.

"Sepertinya masalah yang ada di dunia saat ini adalah kita mencintai anak laki-laki dan membesarkan anak-anak perempuan kita. Kita membesarkan anak laki-laki menjadi tangguh, dan kadang kita berhati-hati untuk tak menyakiti mereka. Dan kukira kita bertanggungjawab untuk itu," ujarnya.

Ibu dari Malia dan Sasha tersebut meminta para orangtua untuk menyadari bahwa mereka berperan dalam membentuk kepribadian anak-anak, tak terkecuali ketika mereka sudah dewasa. Laki-laki dibesarkan menjadi kuat, tapi sifat itu dipertanyakan oleh Michelle.

Michelle Obama Nilai Banyak Laki-laki yang Salah AsuhInstagram Michelle Obama

"Apa artinya menjadi kuat? Apa berarti rasa hormat? Apa berarti tanggungjawab? Apa berarti mengasihi? Atau kita sangat melindungi anak laki-laki sehingga mereka merasa punya lebih banyak hak dan sedikit, kamu tahu, merasa paling benar?"

"Dan itu agaknya karena kita juga, sebagai perempuan dan ibu, sebab kita mengasuh anak laki-laki dan memaksa anak perempuan menjadi sempurna," ucapnya. Oleh karena itu, ia mengaku tak ingin memperlakukan Malia dan Sasha dengan cara istimewa.

Baca juga: Romantis, Begini Cara Obama Rayakan Ultah Penikahan

Ia ingin anak-anak dibesarkan untuk punya rasa kasih.

Michelle Obama Nilai Banyak Laki-laki yang Salah AsuhInstagram Michelle Obama

"Dengar, aku tak punya anak laki-laki; aku tak membesarkan anak laki-laki, aku membesarkan anak perempuan. Jadi, banyak fokusku sebagai ibu - aku berpikir tentang bagaimana memastikan mereka tegas dan mampu hidup di dunia ini? Dan ini adalah dunia yang bahaya bagi perempuan."

Dengan pengetahuan tersebut, Michelle berharap agar para orangtua membesarkan anak-anak mereka dengan fokus menjadikan mereka sebagai orang baik. "Kita harus membesarkan anak-anak kita jadi manusia. Entah mereka punya kesusahan atau apapun yang dunia berikan untuk mereka, kita harus wajib membesarkan mereka agar siap untuk mandiri, berjiwa baik, dan penuh kasih."

Michelle pun sedikit menyindir jika ada yang menganggap bahwa laki-laki dan perempuan harus diasuh dengan cara masing-masing karena mereka punya tanggungjawab yang tak sama sebagai manusia di dunia. "Aku tak tahu apakah itu berbeda untuk laki-laki dan perempuan - tak peduli apa yang mereka hadari di dunia ini," tambahnya.

Baca juga: 10 Quotes Michelle Obama yang Bikin Kamu Lebih Cintai Diri Sendiri

Topik:

Berita Terkini Lainnya