Jurnalis Olahraga Perempuan Brasil Protes Pelecehan Seksual

Saat melaporkan suatu peristiwa olahraga, banyak yang menerima perlakuan tidak pantas dari lawan jenis.

Rio de Janeiro, IDN Times - Sejumlah reporter olahraga perempuan di Brazil menyuarakan protes terkait pelecehan seksual yang seringkali menimpa mereka saat bertugas. Melalui tagar #DeixaElaTrabalhar atau yang berarti "biarkan dia bekerja", 52 reporter menunjukkan ancaman-ancaman yang mereka terima dari para lawan jenis.

1. Ada video di mana penggemar olahraga yang mencoba mencium reporter perempuan

Jurnalis Olahraga Perempuan Brasil Protes Pelecehan Seksualtwitter.com/deixaelatrab

Melalui akun Twitter @deixaelatrab, para reporter memviralkan video yang berisi cuplikan pelecehan seksual yang mereka alami. Salah satunya ketika seorang reporter sedang melaporkan peristiwa, kamera di depannya merekam bagaimana seorang pria di belakangnya berusaha mencium bibirnya.

Baca juga: Di Prancis, Pelaku Pelecehan Seksual Akan Didenda di Tempat

2. Ada juga yang memaksa dengan memegang kepala reporter untuk didekatkan ke bibir pelaku

Jurnalis Olahraga Perempuan Brasil Protes Pelecehan Seksualtwitter.com/deixaelatrab

Dalam salah satu cuplikan, seorang reporter perempuan tampak mewawancarai seorang pria yang merupakan salah satu penggemar olahraga yang diliput. Hal berikutnya yang terjadi sangat mengejutkan sang reporter sebab pria itu memegang kepalanya dan memaksa untuk menciumnya.

3. Tak sedikit yang mengaku menerima perlakuan seksis

Jurnalis Olahraga Perempuan Brasil Protes Pelecehan Seksualtwitter.com/deixaelatrab

Jurnalis ESPN W, Bibiana Bolson, berkata kepada BBC bahwa gerakan tersebut sudah mulai menerima banyak dukungan. Di antaranya adalah dari pemain sepak bola Zico dan Gilberto Silva.

"Dalam beberapa tahun terakhir di Brazil, sangat luar biasa bisa melihat banyak perempuan bekerja di industri olahraga, tapi sekarang kita perlu memastikan mereka juga bisa memasuki posisi kepemimpinan," kata Bolson.

Ini tak terlepas dari perilaku seksis yang kerap diterima reporter perempuan. Jurnalis Mayra Siquira mengungkapkan melalui Twitter bahwa ia dan rekan-rekannya kerap mendengar komentar merendahkan.

Misalnya,"Bagaimana dia tahu semua ini? Jelas dia tidur dengan orang dalam", atau "Dia hanya ingin perhatian". Beberapa juga mengaku kerap diragukan kemampuannya dalam melaksanakan tugas. Sedangkan yang lain berkata tak sedikit narasumber yang hanya mau diwawancara oleh reporter pria.

Baca juga: Khawatir Soal Pelecehan Seksual, Penerbit Vogue Larang Pakai Model ABG

Topik:

Berita Terkini Lainnya