Jual Air Keran Bermerek, Pria Ini Diamankan Polisi

Untung hingga Rp 300 juta

Pemerintah Shanghai, Tiongkok mengumumkan penangkapan seorang pria karena tertangkap tangan menjual air keran yang dikemas dalam botol air dan dijual ke warga. Pria tersebut menipu pembeli dengan mengatakan bahwa air itu adalah air mineral asli.

Dijual dengan beragam merek terkenal.

Jual Air Keran Bermerek, Pria Ini Diamankan Polisiurban-family.com

Seperti dilaporkan oleh Shanghai Daily, jaksa agung distrik Songjiang, Shanghai, mengonfirmasi bahwa kepolisian menangkap pria itu pada Kamis (27/7). Ia dijerat dengan pasal penipuan. Semua berawal ketika pada 9 Juni lalu kepolisian menerima laporan bahwa ada sejumlah tong yang diberi label merek ternama seperti Nongfu Spring dan Nestle.

Namun, tong-tong tersebut rupanya tidak berisi air minum, melainkan air keran biasa. Kepolisian mengatakan mereka menemukannya di tempat pengisian air. Jumlahnya pun tak main-main, yakni, sebanyak lebih dari 300 tong. Pria tersebut mengaku membelinya dari sebuah daur ulang di Shanghai.

Baca Juga: Benarkah Tutup Botol Air Mineral Mudah Dicungkil? Ini Faktanya

Keuntungan dari menjual air mineral palsu sangat besar.

Jual Air Keran Bermerek, Pria Ini Diamankan Polisihuffingtonpost.ca

Tong-tong itu dibeli dengan harga murah, kemudian diisi dengan air keran yang sangat mudah didapatkan. Namun, mereka menjualnya sesuai dengan harga pasaran dari merek-merek populer yang sangat dipercaya oleh masyarakat.

Keuntungan dari bisnis ini sangat besar. Pria tersebut mengaku ia bisa memperoleh profit hingga Rp 300 juta dari 300an tong air keran itu. Pada Februari lalu kepolisian di salah satu wilayah di Tiongkok juga menangkap dua pria yang diduga melakukan penipuan serupa.

Dari ribuan botol air yang disita, kepolisian memperkirakan keduanya bisa meraih untung hingga hampir Rp 200 juta. Warga pun geram dengan para pelaku yang membahayakan kesehatan konsumen untuk meraih keuntungan materi semata. 

Salah satu warga yang tertipu ketika membeli air bermerek Nestle palsu berkata,"Saya mual memikirkan dari mana mereka mendapatkan air-air palsu itu. Ini membuat saya semakin takut karena putra saya yang berumur tiga tahun dan putri saya yang berusia 16 bulan ikut meminumnya selama berminggu-minggu."

Baca Juga: Merek Air Mineral Termahal di Dunia, Kamu Sanggup Beli? 

Topik:

Berita Terkini Lainnya