Ibu Ini Diusir karena Menyusui Bayinya di Restoran

Memang menyusui itu sebuah kejahatan?

North Dakota, IDN Times - Seorang ibu bernama Macy Hornung mengaku dipaksa menutupi bayinya saat menyusui. Jika tidak, dia diminta pergi dari sebuah restoran. Ia ditegur oleh si pemilik jaringan restoran dengan alasan apa yang dilakukannya tidak sopan.

1. Hornung menuliskan pengalamannya di Facebook yang kini viral

Ibu Ini Diusir karena Menyusui Bayinya di RestoranIAFP/Raul Alboleda

Pada 14 Januari lalu, Hornung, suami serta bayinya menghadiri pembukaan jaringan restoran cepat saji Chick-fil-A. "Pada dasarnya, pemiliknya mengusirku karena aku menyusui bayiku tanpa penutup," tulisnya. Lebih lanjut, Hornung menceritakan:

"Pemiliknya mendatangi meja kami di mana aku menunjukkan tak lebih dari bagian atas payudaraku, hampir tak lebih dari apa yang tampak ketika aku memakai kaos dan dia memintaku menutupinya. Aku mencoba menjelaskan bahwa aku tak bisa karena bayiku menolak ditutupi dan dia mulai mengomel tentang anak-anak dan laki-laki yang melihat tindakanku yang tak sopan dan aku perlu menutupi [saat menyusui].

Aku berkata mereka bisa melihat ke arah lain dan mencoba mengutip hukum menyusui di North Dakota. Dia berkata padaku jika aku tak menutupi saat menyusui, maka dia harus mengusirku, jadi aku berkata padanya pandanganku akan mencerminkan pengalamanku dan aku akan menceritakannya di setiap grup lokal para ibu."

Baca juga: Paus Fransiskus Persilakan Ibu-ibu Menyusui di Kapel Sistina

2. Pihak restoran meminta maaf

Ibu Ini Diusir karena Menyusui Bayinya di RestoranAFP/Raul Arboleda

Tulisan Hornung di Facebook kini sudah dibagikan sebanyak lebih dari 1.100 kali. Media lokal, Valley News Live, mewawancarai Hornung karena kejadian yang menimpanya. Ia menceritakannya sama seperti yang dituliskan di Facebook. Perhatian yang semakin luas membuat manajemen Chick-fil-A memberikan tanggapan.

Pemilik cabang Chick-fil-A tersebut, Kimberly Flamm, merilis ucapan permintaan maafnya. Seperti dikutip dari West Fargo Pioneer, Flamm mengaku,"Tujuanku adalah untuk menyediakan sebuah lingkungan yang hangat dan ramah untuk semua tamuku dan aku benar-benar minta maaf atas caraku mengatasi situasi saat itu."

3. Menyusui di tempat umum dianggap bermasalah oleh sebagian orang

Ibu Ini Diusir karena Menyusui Bayinya di RestoranAFP/Ezequiel Becerra

Tak bisa dipungkiri bahwa masih ada orang-orang yang menganggap menyusui itu tindakan vulgar sehingga sebaiknya tidak dilakukan di tempat umum. Sementara yang lainnya menilai menyusui merupakan sesuatu yang natural bagi para ibu dengan anak yang masih bayi.

Dukungan untuk hak ibu menyusui di tempat umum pun kian meluas. Misalnya, ribuan ibu di Bogota, Kolombia, menyusui massal sebagai bentuk protes karena masih ada yang menilainya sebagai tindakan tak terpuji.

"Pesannya bukan hanya tentang betapa pentingnya ibu menyusui bayi-bayi mereka karena kualitas nutrisi, tapi juga karena masyarakat harus menerimanya tanpa diskriminasi, memahami bahwa ini adalah hak dari ibu dan anak," kata salah satu peserta protes.

Menurut Parents.com, ibu tidak perlu memaksakan untuk menyusui di tempat umum jika merasa tak nyaman. Bagi yang memang bersedia melakukannya di depan publik, maka ibu perlu siap untuk menerima pandangan aneh dan tetap bersikap tenang.

Baca juga: Unggah Foto Menyusui, Anak Presiden Kyrgyzstan Dikritik

Topik:

Berita Terkini Lainnya