Hakim: Korban Kekerasan Seksual Larry Nassar Mencapai 265 Perempuan

Ia adalah mantan dokter tim gimnastik Amerika Serikat yang divonis 175 tahun penjara.

Michigan, IDN Times - Kasus Larry Nassar mengguncang publik Amerika Serikat. Pasalnya, mantan dokter tim gimnastik tersebut rupanya melakukan kekerasan seksual selama bertahun-tahun kepada ratusan perempuan. Sebelumnya, Nassar divonis hukuman penjara hingga 175 tahun.

1. Hakim menyebut ada puluhan perempuan lagi yang memberikan pengakuan

Hakim: Korban Kekerasan Seksual Larry Nassar Mencapai 265 PerempuanANTARA FOTO/REUTERS/Brendan McDermid

Nassar akan menjalani proses pengadilan terakhir pada minggu ini. Pada persidangan sebelumnya ada hampir 160 perempuan yang memberikan kesaksian di persidangan. Kini hakim di pengadilan Michigan mengatakan setidaknya ada 65 korban lagi yang siap menjadi saksi.

Dikutip dari BBC, hakim Janice Cunningham berkata di persidangan yang berlangsung pada Rabu (31/1) bahwa ada lebih dari 265 korban yang yang sudah diidentifikasi. "Dan korban-korban lain yang tak terhitung jumlahnya di negara bagian ini, di negara ini, dan seluru dunia."

Baca juga: Larry Nassar, Predator Seks yang Dihukum Penjara 175 Tahun

2. Salah satu korban mengaku dianiaya secara seksual saat masih berusia sembilan tahun

Hakim: Korban Kekerasan Seksual Larry Nassar Mencapai 265 PerempuanREUTERS via BBC

Jessica Thomashow, salah satu saksi berusia 17 tahun yang menjadi korban Nassar, mengaku kepada pengadilan bahwa,"Ia pertama kali melakukan penganiayaan seksual saat usiaku sembilan tahun sebelum aku memakai kawat gigi, dan ketika aku masih bermain dengan boneka American Girl."

Thomashow menambahkan Nassar "mengincar kami untuk kesenangannya sendiri". Ia juga menegaskan bahwa para korban kemudian menjadi perempuan-perempuan yang merasa trauma dan patah hati. Bagi Thomashow, Nassar adalah "iblis" dan "penjahat terburuk".

Saudara Thomashow juga mengaku menjadi korban Nassar ketika ia menjadi mahasiswa Michigan State University (MSU). Pengadilan pun sepertinya akan menambahkan hukuman 25 hingga 40 tahun penjara untuk Nassar setelah seluruh korban bersaksi.

3. Seluruh direktur asosiasi gimnastik Amerika Serikat (USA Gymnastics) mengundurkan diri

Hakim: Korban Kekerasan Seksual Larry Nassar Mencapai 265 Perempuaninstagram.com/simonebiles

Dilansir dari Reuters, skandal kekerasan seksual yang dilakukan Nassar berdampak kepada para petinggi USA Gymnastics. Seluruh direktur di asosiasi tersebut memutuskan untuk mundur menyusul terungkapnya kejahatan Nassar. 

USA Gymnastics diyakini telah gagal melaksanakan tugas karena membiarkan seorang dokternya tetap di posisi aman meski telah mencederai ratusan perempuan. Komite Olimpiade Amerika Serikat (USOC) sendiri mengancam akan mencabut otoritas USA Gymnastics jika seluruh petingginya tidak mengundurkan diri pada Rabu (31/1).

"Kami sedang di tengah proses membentuk dewan direksi sementara selama Februari sesuai dengan persyaratan USOC. USA Gymnastics akan menginformasikan lebih lanjut terkait proses ini dalam beberapa hari ke depan," kata mereka dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Berkedok Penggalangan Dana, Para Jutawan Ini Lakukan Pelecehan Seksual

Topik:

Berita Terkini Lainnya