Sudah Sepuh, Mantan Presiden AS Ini Diduga Lakukan Pelecehan Seksual

Sudah ada 6 perempuan yang mengaku jadi korban.

Texas, IDN Times - Seorang perempuan bernama Roslyn Corrigan mengklaim bahwa mantan Presiden Amerika Serikat, George HW Bush telah melakukan pelecehan seksual terhadapnya.

Corrigan, yang saat itu berusia 16 tahun, berkata kepada Time bahwa ayah dari George W. Bush tersebut memegang pantatnya dan kemudian meremasnya saat melakukan sebuah sesi foto.

Ia mengaku kebingungan dan takut.

Sudah Sepuh, Mantan Presiden AS Ini Diduga Lakukan Pelecehan SeksualRoslyn Corrigan via TIME

Corrigan bercerita bahwa kala itu Bush, berusia 79 tahun, melakukan pelecehan seksual kepadanya di sebuah acara di kantor CIA di Texas pada November 2003. Ayah Corrigan bekerja di sana sehingga ia mendapatkan kesempatan bertemu Bush ketika presiden Amerika Serikat ke-41 itu berkunjung.

Bagi Corrigan saat itu, bertemu dengan seorang mantan presiden Amerika Serikat adalah sesuatu yang ia nantikan. Pasalnya, ia bermimpi untuk masuk ke dunia politik suatu hari nanti. Rupanya, pertemuan itu justru menyisakan pengalaman pahit baginya. 

Corrigan bukan perempuan pertama yang mengaku Bush melakukan pelecehan seksual. Sejak 24 Oktober lalu, ada lima perempuan lainnya yang mengklaim hal yang sama: memegang dan meremas pantat mereka tanpa izin.

"Begitu foto itu diambil dalam hitungan satu-dua-tiga ia langsung menurunkan tangannya dari pinggang ke arah pantatku dan meremasnya. Kejadian itulah yang menjelaskan mengapa di foto itu mulutku terbuka lebar. Aku berpikir, Ya Tuhan, apa yang baru saja terjadi?"

"Reaksi pertamaku adalah sangat ketakutan. Aku benar-benar bingung. Hal pertama yang kulakukan adalah melihat ibuku dan. Sementara Bush masih berdiri di sana, aku tak berkata apapun. Apa yang seorang remaja katakan kepada mantan presiden Amerika Serikat? Apakah aku harus memintanya agar tak menyentuhku seperti itu?"

Ibu Corrigan sendiri mengaku bahwa putrinya menceritakan kejadian tersebut. Meski sangat kecewa, tapi ia juga tak bisa melakukan apapun. "Aku sangat geram, dia sangat geram, dia sangat marah. Namun, kamu tahu, itu adalah presiden. Apa yang bisa kamu lakukan? Dan pekerjaan suamimu bisa terancam. Maksudku, kamu harusnya selalu buka suara. Tapi kami tak melakukannya waktu itu."

Baca juga: Seleb Hollywood Tersandung Pelecehan Seksual, Ribuan Orang Turun ke Jalan

Corrigan adalah perempuan keenam yang mengklaim menjadi korban pelecehan seksual oleh Bush.

Sudah Sepuh, Mantan Presiden AS Ini Diduga Lakukan Pelecehan SeksualInstagram George W. Bush

Salah satu perempuan yang mengaku sebagai korban adalah Jordana Grolnick. Ia berkata kepada Deadspin bahwa di acara pertunjukan yang dihadiri Bush pada Agustus 2016, mereka sempat melakukan sesi foto. Grolnick mengaku Bush sempat meletakkan tangan kanannya di bagian belakang tubuhnya. "Aku merasa tangannya meremas pantatku."

Grolnick berkata bahwa teman-temannya sempat mengatakan Bush senior punya reputasi suka meremas pantat perempuan saat pengambilan gambar. Namun, Grolnick tak menghiraukannya saat itu. "Aku berpikir, dia pakai kursi roda, kelakuan buruk apa yang bisa ia lakukan?" kata Grolnick.

Sama seperti Grolnick, aktris Heather Lind juga mengaku Bush pernah menyentuh bagian belakang tubuhnya empat tahun lalu. "Dia tak menjabat tanganku. Dia menyentuhku dari belakang dari atas kursi rodanya padahal istrinya Barbara Bush ada di sebelahnya. Ia melontarkan guyonan kotor padaku. Kemudian, ketika foto, dia menyentuhku lagi," tulis Lind melalui Instagram yang kini sudah dihapusnya.

Juru bicara Bush menyatakan semua hanya gurauan belaka.

Sudah Sepuh, Mantan Presiden AS Ini Diduga Lakukan Pelecehan SeksualInstagram George W. Bush

Usai Lind menuding Bush, juru bicaranya, Jim McGrath, mengeluarkan pernyataan kepada media. Dikutip dari The Guardian, McGrath berkata Presiden Bush takkan pernah secara sengaja menyebabkan kesusahan kepada orang lain. "Dan dia secara tulus meminta maaf jika usahanya untuk bergurau telah menyinggung Nona Lind."

McGrath benar-benar meminta publik, dan terutama para perempuan yang pernah menjadi korban Bush, untuk percaya apa yang dilakukannya adalah untuk membuat mereka rileks.

"Agar orang-orang tak tegang, presiden secara rutin menceritakan guyonan yang sama - dan di suatu kesempatan, dia menepuk pantat perempuan dengan maksud baik. Beberapa melihatnya tak masalah; yang lain menganggap itu tak sopan. Kepada siapapun yang tersinggung, Presiden Bush meminta maaf dengan tulus," tambah McGrath.

Sementara itu pihak Bush belum memberikan komentar usai klaim yang diajukan Corrigan tentang tindak pelecehan seksual tersebut. 

"Itu benar-benar membuatku kecewa. Aku berada di sana ingin dianggap serius, dan ternyata tidak. Aku pikir dia seorang politisi karir, hampir 80 tahun, jika ada orang yang akan menganggapku serius atau setidaknya mencoba berpura-pura untuk tertarik dengan apa yang aku katakan, dia lah orangnya. Rupanya tidak. Hal yang ia lakukan adalah meremas pantatku," kata Corrigan.

Baca juga: Ini Bukti Perempuan Juga Bisa Jadi Pelaku Pelecehan Seksual

Topik:

Berita Terkini Lainnya