Dianggap Terlalu Tua, Nenek 116 Tahun Ini Ditolak Bank

Tapi dia tetap bersyukur

Namanya Maria Félix. Ia adalah seorang warga kota Guadalajara, Jalisco, Meksiko yang akan menginjak usia 117 tahun pada bulan Juli mendatang. Menjadi salah satu orang tertua di dunia ternyata tak membuat dia mendapatkan pelayanan lebih baik. Félix justru ditolak oleh bank ketika ingin membuat rekening tabungan sendiri. 

Bank menyebut batas usia maksimal adalah 110 tahun.

Dianggap Terlalu Tua, Nenek 116 Tahun Ini Ditolak Bank  Miguel Garcia/Reuters

Dikutip dari The Guardian, semua bermula ketika pemerintah Meksiko mengeluarkan peraturan baru terkait kebijakan pemberian bantuan sosial kepada warga kurang mampu. Pemerintah mengharuskan para penerima bantuan untuk memiliki rekening tabungan sendiri.

Miguel Castro, Sekretaris Pembangunan di negara bagian Jalisco, mengatakan bahwa itu adalah upaya pemerintah untuk mewujudkan transparansi. Maka, pergilah Félix ke salah satu cabang dari Bank Citibanamex di kotanya untuk membuat rekening.

Permintaannya ditolak oleh pihak bank. "Mereka berkata padaku batas usia maksimal adalah 110 tahun," ujarnya sambil tersenyum. Karena penolakan itu, Félix harus hidup tanpa bantuan pemerintah selama tiga bulan berturut-turut.

Baca Juga: Capek Berusia 146 Tahun, Kakek Ini Ingin 'Tinggalkan Dunia'

Meski begitu, ia tak mempersoalkannya.

Dianggap Terlalu Tua, Nenek 116 Tahun Ini Ditolak Bank  Miguel Garcia/Reuters

Mendapatkan bantuan dari pemerintah adalah haknya. Ketika Félix tak bisa memenuhi persyaratan karena sesuatu yang tak bisa ia ubah, tentu itu bukan kesalahannya. Jika ia protes, itu tetap akan masuk akal. Namun, Félix justru tidak mempersoalkannya.

Justru pihak bank sendiri yang merasa bersalah karena aturan tersebut sehingga Félix tak bisa mendapatkan haknya. Oleh karena itu, Castro memutuskan untuk mengirimkan cek secara langsung ke rumah Félix. Castro, menyebut bahwa aturan itu tak masuk akal, berjanji untuk melakukannya sampai masalah batas usia maksimal diselesaikan.

Félix yang sehari-hari hidup dari berjualan permen di depan rumahnya masih terlihat optimis meski haknya tak ia dapat dengan baik. "Cepat atau lambat, Tuhan akan menyediakan (apa yang kita butuhkan). Aku buktinya," kata Félix.

Penolakan bank kepada Félix turut mengungkap kehidupannya yang keras dan kesabarannya yang luar biasa.

Dianggap Terlalu Tua, Nenek 116 Tahun Ini Ditolak Bank  Miguel Garcia/Reuters

Félix telah melewati masa-masa sulit dalam hidupnya. Ayahnya dibunuh dan ibunya diculik ketika ia masik kecil. Dua saudara kandungnya hilang ketika Revolusi Meksiko terjadi antara tahun 1910 hingga 1920. Tanpa keluarga, Félix berkata bahwa ia tumbuh seperi binatang terlantar di jalanan. Meski tak bergelimang harta, tapi Félix dalam keadaan sehat. Ia bahkan menolak memakai kursi roda walau usianya sudah sangat senja.

Baca Juga: Mengagumkan! Inilah Astronot Wanita Tertua yang Pernah Berjalan di Luar Angkasa!

Topik:

Berita Terkini Lainnya