Capek Berusia 146 Tahun, Kakek Ini Ingin 'Tinggalkan Dunia'

Saudara, istri dan anaknya telah meninggal sejak 1988...

Apa jadinya kalau kamu bisa hidup lebih dari 100 tahun? Ketika mencapai angka tersebut nampaknya banyak hal yang telah dilalui. Pengalaman hidup yang tidak sedikit juga sudah didapatkan. Mbah Gotho adalah salah satu contohnya. Pria yang tinggal di Sragen, Jawa Tengah tersebut diketahui hampir berusia 146 tahun.

Seperti diberitakan Liputan6, Mbah Gotho lahir pada 31 Desember 1870. Desember ini usianya akan genap 146 tahun dan itu sesuai dengan KTP yang dimilikinya.

Capek Berusia 146 Tahun, Kakek Ini Ingin 'Tinggalkan Dunia'twitter.com/visualsevent

Mbah Gotho pun mengaku kalau dirinya telah memiliki empat istri. Akan tetapi, keempat istri telah meninggal dunia. Bukan hanya itu, keturunan Mbah Gotho sudah sampai tahap canggah. Ya, anak dari cicit pun sudah dimiliknya. Mbah Gotho juga dikabarkan memiliki 10 saudara yang semuanya juga sudah meninggal.

Apa resep Mbah Gotho untuk mencapai 146 tahun?

Capek Berusia 146 Tahun, Kakek Ini Ingin 'Tinggalkan Dunia'kecamatansambungmacan.wordpress.com

Saat ini Mbah Gotho dirawat oleh cucu-cucunya secara bergantian. Istri dan anak-anaknya pun sudah meninggalkannya terlebih dahulu. Pada 1988, istri terakhirnya pun meninggal. Menurut salah satu cucunya, Suryanto, Mbah Gotho memiliki resep sederhana dalam menjalani hidup. Mbah Gotho mengaku sabar dan syukur atas apapun yang ada dalam hidupnya.

Kini dirinya tinggal di Dusun Segeran, Desa Ceeng, Kecamatan Sambungmacan dan hanya sakit sesekali. Sakit yang dialami pun hanyalah masuk angin. Suryanto pun mengakui bahwa sakit keras tidak pernah dialami Mbah Gotho.

Hal itu juga karena terkait makanan, Mbah Gotho tidak pernah rewel. Akan tetapi masalah kondisi tubuh yang sudah renta pun membuatnya harus disuapi makan dan dibantu saat mandi dalam tiga bulan terakhir. Namun, Mbah Gotho sendiri sudah 'merencanakan' pemakamannya saat 122 tahun.

Baca Juga: Pacaran Sama Cowok yang Jauh Lebih Tua, Apakah Dibenarkan?

Mbah Gotho ingin 'tinggalkan dunia'.

Capek Berusia 146 Tahun, Kakek Ini Ingin 'Tinggalkan Dunia'uniqpost.com

Saat ini Mbah Gotho tidak bisa berjalan lagi. Kemudian, kemampuan matanya pun sudah sangat menurun. Bukan hanya itu, pendengarannya pun menurun. Lawan bicara harus berkata dengan suara kencang di dekat telinganya. Meski begitu, dirinya masih senang mendengar radio.

Meski begitu, 24 tahun usai persiapan makamnya, Mbah Gotho justru masih tegap dengan sifat yang tidak pernah berubah. Menurutnya, para cucunya sudah mandiri dan sekarang adalah saatnya untuk meninggal. Ya, Mbah Gotho mengaku siap meninggalkan kehidupan di dunia.

Seperti dilansir New York Times, manusia tertua di dunia adalah wanita asal Perancis bernama Jeanne Calment. Meski begitu, Jeanne telah meninggal saat berusia 122 tahun, 164 hari pada 1997. Dengan kata lain, jika Mbah Gotho didaftarkan secara resmi maka dirinya adalah manusia tertua di dunia.

Baca Juga: Cinta Itu Buta: 16 Alasan Kenapa Cewek Mau Pacaran Sama Cowok yang Jauh Lebih Tua

Topik:

Berita Terkini Lainnya