Saksikan Peluncuran Rudal Balistik, Kim Jong-un Tertawa Bahagia

Korea Utara bikin cemas banyak orang, terutama yang dekat dengan wilayahnya.

Kim Jong-un mendapatkan banyak kecaman usai Pyongyang meluncurkan empat rudal balistik. Rudal tersebut kemudian jatuh di Laut Jepang. Pemerintah Korut sebelumnya menyebut Laut Jepang sebagai Laut Timur.

Saksikan Peluncuran Rudal Balistik, Kim Jong-un Tertawa BahagiaKim Kyung-Hoon/Reuters via ANTARA FOTO

Dikutip Washinton Post, (8/3), peluncuran empat tudal sekaligus tersebut bahkan membuat militer Amerika Serikat memasang sistem pertahanan rudal di Korea Selatan. Sistem keamanan yang dinamai Terminal High-Altitude Area Defense system (Thaad) ini dibuat untuk mempertahankan diri dari ancaman rudal yang dilakukan oleh Korea Utara.

Sistem Thaad ini memiliki fungsi untuk menembak rudal dengan daya jangkau rendah yang sedang yang sedang mengudara.

Korea Utara bikin cemas banyak orang, terutama yang dekat dengan wilayahnya.

Saksikan Peluncuran Rudal Balistik, Kim Jong-un Tertawa BahagiaStringer/Reuters via ANTARA FOTO

Aksi penembakan rudal ini adalah respon dari Pyongyang terkait dimulainya pelatihan militer AS dengan Korea Selatan. Latihan bersama yang diadakan setiap tahun tersebut membuat Korut meradang dan memandangnya sebagai persiapan untuk invasi dari Korea Selatan. AS sendiri memiliki sekitar 24.000 personel militer yang berbasis di Korea Selatan.

Aksi Korea Utara tersebut juga dianggap mencemaskan dan membahayakan orang-orang yang tinggal di sekitar situs militer. Aksi pelepasan empat rudal tersebut dilakukan di wilayah Tongchang-ri dekat perbatasan dengan Cina.

Baca Juga: Kim Jong-un Larang Warganya Menikah dan Meninggal, Mengapa?

Korea Utara berdalih program rudal adalah “program perdamaian”.

Saksikan Peluncuran Rudal Balistik, Kim Jong-un Tertawa BahagiaKCNA/Reuters via ANTARA FOTO

Dalih untuk tujuan perdamaian diungkapkan oleh Korea Utara saat dikritik mengenai program rudal dan luar angkasanya yang dilakukannya. Namun, hal tersebut seolah berseberangan dengan isu yang beredar saat ini. Korea Utara diduga tengah mengembangkan rudal balistik antar benua yang bisa menyerang AS.

Kim Jong-un sendiri langsung memantau peluncuran rudal baru-baru ini. Pemimpin Korea Utara ini bahkan memuji rudal tersebut karena keakuratannya. Rudal tersebut juga terlihat bagaikan kelompok akrobat yang terbang dalam suatu formasi. Bahkan dia juga terlihat tertawa bahagia melihat peluncuran tersebut.

Baca Juga: Kim Jong-un Kirim "Surat Cinta" ke Trump, Apa Isinya?

Topik:

Berita Terkini Lainnya