Palestina Bantu Israel Atasi Kebakaran Hebat, Apakah Ini Pertanda Perang Segera Berakhir?

Bukan saatnya untuk perang

Kebakaran besar yang terjadi di Israel akhirnya membangkitkan rasa kepedulian dari Palestina. Ratusan ribu warga dievakuasi ke tempat aman akibat insiden yang satu ini. Melihat kejadian tersebut, pejabat Palestina menawarkan bantuan kepada Israel. Mereka menyatakan siap mengutus sejumlah relawan untuk mengatasi kebakaran hebat tersebut.

Palestina Bantu Israel Atasi Kebakaran Hebat, Apakah Ini Pertanda Perang Segera Berakhir?qz.com

Dikutip The Independent, (28/11), pemerintah Palestina terus membantu menanggulangi kebakaran hutan di daerah Israel. Bahkan, Pertahanan Sipil Palestina sudah mengerahkan delapan truk pemadam kebakaran.

Juru bicara Pertahanan Sipil Palestina, Nael Al Azzeh, menuturkan bantuan segera diberikan. Secepatnya usai otoritas Israel meminta bantuan Palestina. Dia menerangkan bahwa dari delapan unit pemadam kebakaran yang diterjunkan, empat truk diarahkan ke Haifa dan empat ke daerah Yerusalem.

Bantuan serupa juga pernah dilakukan 2010 silam.

Palestina Bantu Israel Atasi Kebakaran Hebat, Apakah Ini Pertanda Perang Segera Berakhir?Baz Ratner/Reuters via ANTARA FOTO

Dirjen Pertahanan Sipil Palestina mengatakan bahwa bantuan serupa juga pernah dilakukan orang-orang Palestina saat kebakaran 2010. Ini merupakan bagian dari pesan kemanusiaan. Petugas pemadam kebakaran terus berjuang memadamkan api di bukit hutan di sekitar Yerusalem dan di daerah utara, dengan dukungan petugas kebakaran dari Palestina. Selain itu, turut membantu juga tim darurat dari Yunani, Siprus, Kroasia, Italia, Rusia dan Turki.

Baca Juga: Dapat Warisan dari Pengusaha, Seluruh Penduduk Desa Ini Mendadak Jadi Jutawan.

Palestina Bantu Israel Atasi Kebakaran Hebat, Apakah Ini Pertanda Perang Segera Berakhir?Ronen Zvulun/Reuters via ANTARA FOTO

Kendati sudah dibantu Palestina, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terus bersikukuh bahwa bencana kebakaran yang terjadi merupakan tindakan terorisme. Sejauh ini, polisi Israel sudah menangkap 13 orang yang dicurigai melakukan pembakaran dan telah mengakibatkan kebakaran hutan hebat di Israel.

Bantuan berdatangan pula dari segala penjuru.

Palestina Bantu Israel Atasi Kebakaran Hebat, Apakah Ini Pertanda Perang Segera Berakhir?Baz Ratner/Reuters via ANTARA FOTO

Pada kebakaran kali ini, pemerintah Israel nampaknya cepat tanggap dalam mengevakuasi 80.000 warga Israel dari sejumlah kawasan di utara Israel. Selain itu, tim pemadam kebakaran dan peralatannya yang canggih yang dibeli Israel setelah belajar dari pengalaman kebakaran 2010 lalu telah membuat kebakaran kali ini tidak menimbulkan korban jiwa. Pasalnya dalam kebakaran terparah 2010 lalu, 42 orang dilaporkan tewas. Sementara itu, pesawat Boeing-747 Supertanker milik Amerika Serikat dilaporkan ikut mengatasi pemadam kebakaran.

Baca Juga: Turki Ancam Akan Biarkan Pengungsi Suriah Masuk ke Eropa.

Topik:

Berita Terkini Lainnya