Tak Hanya Demo Ahok, 4 November Juga Catat Berbagai Sejarah Dunia

Obama, Reagan, dan Lincoln punya sejarah di tanggal ini

Perhatian publik tertuju pada demo 4 November hari ini. Demo itu akan meminta pengusutan terhadap dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Netizen pun ramai membicarakan hal tersebut. Bahkan, di jagad twitter, hashtag #4Nov_UntukNKRI menjadi trending topic sejak kemarin. Ternyata, tak cuma demo Ahok, pada tanggal yang sama dunia juga mencatat beberapa kejadian penting.

Barrack Obama memenangi pemilihan Presiden Amerika Serikat

Tak Hanya Demo Ahok, 4 November Juga Catat Berbagai Sejarah DuniaAditya Pradana/ANTARA FOTO

Pada tanggal 4 November 2008, Obama menjadi Presiden Amerika pertama yang berkulit hitam. Dalam pemilihan, dia mengalahkan rivalnya John McCain dengan perolehan suara mencapai 63 juta lebih.

Peristiwa penyanderaan diplomat Amerika di Iran

Tak Hanya Demo Ahok, 4 November Juga Catat Berbagai Sejarah DuniaWhatsontv.co.uk

Salah satu puncak krisis Iran-Amerika adalah peristiwa penyanderaan puluhan diplomat Amerika Serikat oleh para mahasiswa. Kejadian yang terjadi pada 4 November 1979 tersebut dipicu oleh keputusan pemerintah Iran saat itu yang mengasingkan pemimpin revolusi Iran, Imam Khamaini ke Turki. Pengasingan itu atas saran Amerika Serikat.

Puluhan masa awalnya hanya berdemo di depan kedutaan besar Amerika di Teheran. Setelah beberapa jam tak ada respons, mereka merangsek masuk dan melakukan penyanderaan. Kejadian ini bahkan difilmkan oleh Ben Affleck dengan judul Argo. Ben sekaligus menjadi aktor utama dalam film yang memborong tiga piala Oscar.

Ronald Reagan memenangi pemilihan Presiden Amerika

Tak Hanya Demo Ahok, 4 November Juga Catat Berbagai Sejarah DuniaWhitehouse.gov

Reagan berhasil mengumpulkan suara terbanyak pada pemilu Presiden pada 4 November 1980. Tak tanggung-tanggung, Reagan mengalahkan saingannya yang merupakan Presiden petahana, Jimmy Carter. Presiden Amerika ke-40 ini pun menjabat hingga tahun 1989.

Presiden ke-16 Amerika Serikat, Abraham Lincoln menikah

Tak Hanya Demo Ahok, 4 November Juga Catat Berbagai Sejarah DuniaDaily Mail

Pada tanggal yang sama di tahun 1842, Abraham Lincoln menikah dengan Mary Todd. Dari pernikahan itu, Lincoln dikarunia empat anak.

Setidaknya, 4 November punya makna dan sejarah tersendiri bagi umat manusia. 

Baca juga: 4 Presiden Indonesia Punya Reaksi Berbeda Soal Dugaan Penistaan Agama Ahok

Topik:

Berita Terkini Lainnya