Media Asing Soroti Kondisi Mengenaskan Beruang di Kebun Binatang Bandung

Harusnya kita malu...

Indonesia kembali jadi sorotan dunia. Kali ini bukan lagi soal persaingan menuju kursi kepemimpinan atau demo, tapi binatang yang ditelantarkan. Sebuah video di YouTube jadi bukti bagaimana buruknya pengelolaan kebun binatang Indonesia. Video itu menunjukkan sekumpulan Beruang Madu yang diduga berasal dari kebun binatang Bandung, Jawa Barat.

Yang sangat menyakitkan adalah beruang-beruang tersebut tampak sangat kurus dengan kondisi kandang tidak terurus. Saking tidak terurusnya, beruang tersebut meminta makanan dari para pengunjung.

Mata dunia tertuju ke Indonesia lagi.

Media Asing Soroti Kondisi Mengenaskan Beruang di Kebun Binatang BandungDokumentasi Scorpion

Dikutip dari BBC, para beruang ini meminta makanan cepat saji yang dibawa oleh pengunjung. Terlihat dari video tersebut juga para pengunjung melempar kue, permen sampai biskuit ke kandang untuk memberi makan beruang kelaparan tersebut. Kelompok pengawasan jual-beli hewan liar, Scorpion pun disebut telah mengirimkan investigator untuk membuktikan video ini.

Gunung Gea, Ketua Scorpion menyebut kalau kondisi dalam kandang sangat mengenaskan. Tanpa ada rumput atau pohon rindang, kandangnya begitu kosong dan tidak terawat.

Kami melihat beruang madu itu memakan kotorannya sendiri demi mengisi perut. Namun, ketika menghubungi pengelola bonbin, mereka menyebut kalau beruang tersebut telah terawat dan kami tidak diizinkan untuk menengok lebih jauh.

Baca Juga: Setahun Tidak Ada Dokter, Hewan di Kebun Binatang Bandung Dibiarkan Mati

Aktivis hewan pun angkat bicara.

Media Asing Soroti Kondisi Mengenaskan Beruang di Kebun Binatang BandungDokumentasi Scorpion

Diwawancara terpisah oleh DailyMail, aktivis hewan, Tori Hollingsworth mengecam tindakan tersebut. Alhasil, dirinya pun membuat petisi yang sejauh ini sudah berlangsung empat hari dan ditandatangani lebih dari 2.000 orang. Tori ingin Kebun Binatang Bandung ini ditutup. Tori menyesalkan kondisi beruang yang begitu kurang dan terlihat kelaparan.

Video memperlihatkan bagaimana beruang madu itu bahkan mengejar potongan makan kecil yang dilemparkan ke mereka. Para beruang madu itu terlihat memohon-mohon untuk meminta makanan, itu sangat menyakitkan buatku.

Tori pun ingin beruang madu itu segera diselamatkan dari fasilitas kebun binatang Bandung. Tori dengan terang-terangan menyebut kalau petugas tidak peduli dengan hewan, dan bonbin selayaknya penjara bagi para beruang.

Media Inggris ingatkan kita tentang gajah yang mati di kebun binatang Bandung.

Media Asing Soroti Kondisi Mengenaskan Beruang di Kebun Binatang BandungGetty Images via mirror.co.uk

Mirror juga tak ketinggalan. Media asal Inggris itu membahas kondisi beruang madu yang begitu mengenaskan. Kemudian, Mirror pun menyinggung masalah Yani, Gajah Sumatera yang mati 2016 silam di lokasi serupa. Gajah 34 tahun yang bernama Yani tersebut disebut meninggal usai tidak diurus sama sekali dan sakit. Yani sempat bertahan hidup dengan kondisi seadanya. Pihak pengelola sempat mengaku tidak ada dokter hewan di sana.

Kondisi ini pun membuat Wali Kota Ridwan Kamil menjadi sasaran keluhan netizen dan aktivis hewan. Meskipun begitu, media itu menyebut bahwa pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan dukungan terhadap penindakan kasus ini.

Kamu juga bisa ikut mendukung dengan ikut mengisi petisi di sini.

Baca Juga: 9 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia yang Harus Dikunjungi Sebelum Kamu Mati

Topik:

Berita Terkini Lainnya