Indonesia Dipuji Usai Tangkap Bos Penyelundup Manusia yang Jadi Target Australia 17 Tahun!

Polri hebat!

Kepolisian Indonesia dikabarkan berhasil menangkap buronan penyelundup manusia di berbagai wilayah di indonesia, Abraham Louhenapessy atau dikenal sebagai Kapten Bram. Penangkapan dilakukan pada Jumat (23/9) kemarin di Jakarta Barat. Kapten Bram memang telah jadi buronan Australia sejak 1999.

Kapten Bram dikenal sebagai otak dari penyelundupan di Asia Tenggara dan Australia. Dirinya juga dikenal suka melewati teritori Indonesia ketika mengirimkan orang-orang secara ilegal dari negara Asia lainnya ke Australia. Aksinya ini telah dilakukan selama 17 tahun. Aksi terakhir adalah pada 2015 silam.

Kapten Bram sempat tertangkap tapi lepas lagi.

Indonesia Dipuji Usai Tangkap Bos Penyelundup Manusia yang Jadi Target Australia 17 Tahun!dailytimes.com.pk

Pada 2010, seperti dikutip dari ABC, Kapten Bram tertangkap setelah mencoba menyelundupkan 250 warga Sri Lanka ke Australia saat melewati Indonesia. Otoritas Indonesia saat itu berhasil mengagalkan aksinya. Namun, karena hukum dalam negeri belum ada yang berkaitan dengan penyelundupan manusia, maka Bram hanya dituntut hukum ringan, yakni satu tahun penjara dengan 18 bulan masa percobaan serta denda 3.000 dollar amerika atau setara 39,2 juta rupiah.

Setelah satu tahun, dirinya pun kembali menghirup udara bebas. Ternyata hukuman tersebut tidak membuatnya jera. Pada Mei 2015, otoritas Australia juga berhasil menghentikan penyelundupan dari Sri Lanka sebanyak 65 orang ke Australia. Pada saat itu, diketahui Bram kabur. Selama itu juga pencarian terhadap Bram dilakukan.

Indonesia Dipuji Usai Tangkap Bos Penyelundup Manusia yang Jadi Target Australia 17 Tahun!AFP via channelnewsasia.com

Dengan kata lain 16 tahun perjuangan Australia kembali sia-sia sampai 2016 ini. Tertangkapnya Bram di Jakarta oleh kepolisian RI, Indonesia kembali mendapat perhatian dunia.

Baca Juga: Kejahatan Cyber Bisa Dicegah dengan Ganti Browser

Australia memuji Indonesia yang berhasil tangkap Kapten Bram.

Indonesia Dipuji Usai Tangkap Bos Penyelundup Manusia yang Jadi Target Australia 17 Tahun!Adam Gartrell/AAP via abc.net.au

Menteri Imigrasi Australia, Peter Dutton memberikan pujian dan ucapan selamat kepala kepolisian RI. Seperti diberitakan Reuters, Dutton mengatakan kalau tertangkapnya Bram yang merupakan kunci utama dalam kasus penyelundupan ini sangat membantu. Menurut Dutton, Kapten Bram telah membahayakan nyawa banyak orang, termasuk manusia yang diselundupkan.

Selain itu, Menteri Hukum Australia, Michael Keenan menyebut kalau Kapten Bram diperkirakan akan mendapat hukuman penjara 10 tahun. Michael sendiri pun mengaku lega saat bos penyelundup ini berhasil ditangkap. Meski begitu, Australia masih akan tetap berjuang untuk melawan para pelanggar hukum bersama negara-negara sahabat, contohnya Indonesia.

Indonesia Dipuji Usai Tangkap Bos Penyelundup Manusia yang Jadi Target Australia 17 Tahun!AAP via sbs.com.au

Sampai saat ini, Kapten Bram masih ditahan di Jakarta. Dikabarkan, Bram akan dipindahkan ke Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga: Sadar Nggak Sadar, Kita Bisa Jadi Penjahat Internet dan Seseorang di Sana Jadi Korbannya

Topik:

Berita Terkini Lainnya