5 Tips Mudik Aman dari Kepolisian Sebelum Pulang Kampung

Semoga mudik lancar dan tiba selamat di kampung halaman

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya mengimbau kepada seluruh penduduk Ibu Kota yang berencana pulang mudik Lebaran. Imbauan ini disampaikan agar warga mudik dengan nyaman dan rumah serta harta benda yang ditinggalkan juga aman.

Berikut lima imbauan dari kepolisian agar mudik berjalan tenang dan aman:

1. Mudik menggunakan transportasi publik

5 Tips Mudik Aman dari Kepolisian Sebelum Pulang KampungIDN Times/Vanny El Rahman

Imbauan pertama, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Argo Yuwono meminta agar warga Jakarta yang hendak mudik Lebaran sebaiknya memilih menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi.

"Jadi untuk warga Jakarta yang akan mudik ke Jawa atau tempat lain. Yang pertama, silakan untuk menggunakan transportasi publik di situ. Jadi menggunakan pesawat, kereta api, bus, dan sebagainya," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (22/5).

2. Tidak menggunakan kendaraan roda dua

5 Tips Mudik Aman dari Kepolisian Sebelum Pulang Kampungadventuriderz.com

Sekalipun menggunakan kendaraan pribadi, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu menyarankan, agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda dua lainnya.

"Dan upayakan untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua untuk jarak yang jauh, artinya jauh itu melintasi provinsi. Seandaninya terpaksa menggunakan, ya harus sesuai dengan aturan, jadi tidak ada tambahan belakangnya ditambahin dengan kayu, sehingga bisa membuat barang-barang bisa diangkut," kata dia.

Baca juga: Mobil Dinas Dilarang untuk Mudik, Menpan RB Mengkaji Pemakaian Bus

3. Periksa kelengkapan kendaraan

5 Tips Mudik Aman dari Kepolisian Sebelum Pulang KampungAntara Foto

Kemudian, Argo juga menyarankan, agar kendaraan pribadi diperiksa terlebih dahulu sebelum dibawa mudik. Pemeriksaan kendaraan bermotor, termasuk mesin dan surat kelengkapannya.

"Kemudian service kendaraan yang baik. Semua cek kelengkapan-kelengkapannya, maupun surat-suratnya," ujar dia.

4. Tinggalkan rumah dalam kondisi aman

5 Tips Mudik Aman dari Kepolisian Sebelum Pulang KampungIDN Times/Sukma Shakti

Terkait rumah yang akan ditinggalkan mudik, Argo mengimbau, agar meninggalkan dalam kondisi pintu dan jendela tertutup rapat. Begitu pun dengan gas kompor, agar melepas selang regulator.

"Yang lebih terpenting bahwa untuk meninggalkan rumah tolong dicek, karena jangan sampai ada kebakaran maupun pencurian, otomatis cek jendela dan pintu harus terkunci. Kemudian saklar maupun gas dicopot jangan sampai masih terpasang," papar Argo.

5. Menitipkan rumah kepada tetangga yang tidak pulang kampung

5 Tips Mudik Aman dari Kepolisian Sebelum Pulang KampungIDN Times/Sukma Shakti

Terakhir, Argo menyarankan, agar mereka yang akan mudik bekerja sama dengan petugas keamanan serta tetangga yang tidak pulang kampung.

"Kemudian, titipkan kepada tetangga yang tidak mudik atau RT atau pun RW atau petugas siskamling. Sampaikan 'Pak saya mau mudik, berangkat tanggal sekian, balik tanggal sekian, tolong titip awasi rumah saya'. Jadi ada komunikasi antara tetangga dengan yang bersangkutan akan mudik," tutup Argo.

Baca juga: Efektif Kurangi Kecelakaan, Mudik Gratis Kemenhub Layani Rute 32 Kota


Topik:

Berita Terkini Lainnya