4.700 Satgaspus Siap Diturunkan ke Lokasi Bencana di Bali

Mabes Polri siapkan medis dan alat berat 

Jakarta, IDN Times - Markas Besar Polisi Republik Indonesia (Mabes Polri) telah menyiapkan 4.700 Satuan Tugas Operasi Pusat (Satgaspus) Aman Nusa II, guna menangani berbagi bentuk bencana alam di Indonesia. 

"Sebagaimana kita ketahui bersama, di berbagai daerah sedang terjadi bencana. Seperti di Bali, Pacitan dan Bantul. Untuk itu, kita sudah siapkan 4.700 personel Satgaspus," kata Kakor Sabhara Baharkam Polri, Irjen Sudjarno saat apel siaga di Mako Brimob Kelapa Dua, Kota Depok, Kamis (30/11) pagi.

Baca juga: Gubernur Bali: Pengungsi Gunung Agung Butuh Bantuan Logistik

4.700 Satgaspus Siap Diturunkan ke Lokasi Bencana di BaliANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Demi membantu Bali dari bencana Gunung Agung, tambahnya, bantuan non-manusia juga aparat keamanan telah disiapkan.

"Perlengkapan untuk ke Bali sudah kita siapkan. Seperti 100 unit mobil double cabin. Itu akan sangat membantu dalam proses evakuasi. Begitupun dengan anjing pelacak guna mencari mayat," kata Jenderal Bintang Dua tersebut.

Selain itu, bantuan dalam bentuk logistik dan obat-obatan juga telah disiapkan oleh Mabes Polri.

"Ada obat-obatan, sudah saya cek ada, rumah sakit lapangan juga sudah siap. Begitu juga helikopter siap untuk berangkat," pangkas Sudjarno.

4.700 Satgaspus Siap Diturunkan ke Lokasi Bencana di BaliANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Petugas yang diturunkan nantinya, tambahnyaa, tentunya memiliki kualifikasi dan kapabilitas dalam situasi tanggap bencana.

"Tentu ada SOP-nya, kalau sedang bertugas di daerah bencana. Masing-masing petugas akan sangat hati-hati dan saling memberi pemahaman. Contohnya, ada SOP bagaimana menuju gunung merapi dalam radius tertentu," tambahnya.

Meskipun sarana dan pra-sarana telah disiapkan seluruhnya, personel tersebut akan digerakan sesuai dengan arahan Kapolda Bali.

"Tidak bisa digeser sembarangan. Kita akan melakukan pergeseran kapan waktunya. Kita lihat perkembangan situasi dari wilayah bencana. Bisa tunggu perintah dari Kapolda Bali atau Asisten Operasi (Asops) Kapolri," bebernya.

Baca juga: Erupsi Gunung Agung Masih Terjadi, Bandara Ngurah Rai Kembali Ditutup 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya