Tagar #2019GantiPresiden Dibalas Jokowi, Ini Komentar Sekjen PDIP

Menurut Hasto itu bukan serangan balik Jokowi, tapi klarifikasi

Jakarta, IDN Times – Presiden Joko "Jokowi" Widodo akhirnya menanggapi ramainya tanda pagar (tagar) #2019GantiPresiden di media sosial. Di hadapan sekitar 1.000 orang relawan, pada Sabtu kemarin di Bogor, mantan Gubernur DKI Jakarta itu melempar guyon kalau kaus tidak akan mungkin bisa mendorong orang ramai-ramai untuk memilih Presiden baru. 

"Masak (gara-gara) kaus bisa ganti Presiden? Itu juga adalah kehendak dari Allah SWT," ujar Jokowi yang disambut riuh tepuk tangan ribuan relawannya. 

Serangan terhadap Jokowi juga ditanggapi oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristianto. Apa komentar Hasto?

1. Jokowi sosok pemimpin yang membangun optimisme

Tagar #2019GantiPresiden Dibalas Jokowi, Ini Komentar Sekjen PDIPIDN Times/Teatrika Putri

Hasto mengungkapkan apa yang disampaikan oleh Jokowi di Bogor pada Sabtu kemarin bukanlah serangan balik, melainkan klarifikasi. Menurut Hasto, klarifikasi Jokowi tersebut memiliki makna kalau ingin menjadi seorang pemimpin maka harus membangun rasa optimisme. Pernyataan Hasto ini untuk mengomentari pidato Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Indonesia akan bubar di tahun 2030 mendatang. 

“Pemimpin itu harus menggelorakan harkat martabat kita sebagai bangsa. Dan berpolitik itu diawali dengan gagasan-gagasan besar untuk bangsa bukan untuk memecah bangsa,” ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pada Minggu (8/4).

Baca juga: Jokowi soal Tagar #2019GantiPresiden, Masak Kaus Bisa Ganti Presiden

2. Jokowi bisa menerima kritikan

Tagar #2019GantiPresiden Dibalas Jokowi, Ini Komentar Sekjen PDIPwww.twitter.com/@setkabgoid

Komentar Jokowi pada Sabtu kemarin, kata Hasto, menunjukkan kualifikasinya sebagai pemimpin yang mampu mendengarkan rakyat.

“Itu bagus Pak Jokowi menunjukkan kualifikasi kepemimpinan yang mampu bekerja dengan baik mendengarkan rakyat dengan blusukan, tetapi pada saat bersamaan Beliau juga mampu menjawab dengan baik berbagai kritik yang diberikan,” katanya lagi.

3. Jokowi sosok pemimpin bertanggung jawab

Tagar #2019GantiPresiden Dibalas Jokowi, Ini Komentar Sekjen PDIPANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Hasto memaparkan bahwa Jokowi adalah sosok pemimpin yang telah memberikan jawaban sekaligus pertanggung jawaban politik kepada rakyat.

“Yang dilakukan Pak Jokowi adalah bagian untuk menjelaskan, bahwa kepemimpinan Beliau adalah kepemimpinan yang mendengarkan suara rakyat, kemudian dijabarkan dalam kebijakan politik itu,” kata dia.

Baca juga: Viral Tagar #GantiPresiden2019, Ketum Golkar: Kami #Jokowi2Periode

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya