Survei Populi: Dipasangkan dengan Siapapun, Jokowi Tetap Ungguli Prabowo

Tingkat popularitas Jokowi paling tinggi

Jakarta, IDN Times – Lembaga survei Populi Center merilis hasil survei mereka terkait calon presiden dan wakil presiden yang akan bertarung pada 2019. Hasilnya Joko "Jokowi" Widodo dan Prabowo Subianto tetap diunggulkan menjadi calon presiden.

Survei ini dilakukan antara tanggal 7 - 16 Februari 2018 di 120 desa/kelurahan yang tersebar di 120 kecamatan di 34 provinsi. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 1.200 responden dengan margin of error +/- 2,89% dan tingkat kepercayaan 95%. 

1. Jokowi dengan popularitas tertinggi

Survei Populi: Dipasangkan dengan Siapapun, Jokowi Tetap Ungguli PrabowoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hasil survei Populi Center menempatkan Jokowi sebagai tokoh dengan tingkat popularitas tertinggi. Gunawan Hartono, peneliti Populi Center, menyebutkan Jokowi menempati peringkat pertama dengan presentase sebesar 97,6 persen.

Di bawah Jokowi ada Jusuf Kalla dengan presentase 94,1 persen. Dan Megawati berada di bawah JK dengan presentase 91,0 persen. Sedangkan Prabowo Subianto berada diposisi ke empat, dengan presentase 87,9 persen. Disusul Anies Baswedan (75 persen) dan Agus Harimurti Yudhoyono (70.9 persen).

Baca juga: Survei Popularitas: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Turun Jelang Pilpres 2019

2. Dipasangkan dengan siapapun, Jokowi tetap unggul

Survei Populi: Dipasangkan dengan Siapapun, Jokowi Tetap Ungguli PrabowoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Populi Center membuat beberapa simulasi pasangan calon untuk Pilpres 2019. Gunawan membacakan simulasi pertama, yaitu pasangan Jokowi-Sri Mulyani melawan Gatot Nurmantyo-Anies Baswedan diungguli dengan Jokowi-Sri sebesar 57,3 persen.

“Kemudian kami simulasikan Jokowi dengan Moeldoko memperoleh 49,1 persen dengan lawannya Prabowo-Anies 28,8 persen,” kata Gunawan di Kantor Populi Center, Jakarta Barat, Rabu (28/2).

Simulasi kedua, lanjut Gunawan, adalah pasangan Jokowi-AHY melawan Prabowo-Anies. Pasangan Jokowi-AHY tetap unggul dengan hasil presentase 50,8 persen, sedangkan Prabowo-Anies sebesar 27,8 persen.

Kemudian Populi Center kembali membuat simulasi pasangan Jokowi-Airlangga melawan Anies-AHY. Jokowi-Airlangga tetap unggul sebesar 54,3 persen dan Anies-AHY sebesar 14,8 persen.

“Kemudian ini juga sama tadi. Kami simulasikan Jokowi berpasangan dengan Cak Imin memperoleh 50,6 persen sedangkan Prabowo-Anies 27,8 persen,” tambah dia.

Melalui hasil simulasi tersebut, bisa dilihat jika Jokowi dipasangkan dengan siapapun akan tetap unggul dibandingkan Prabowo.

3. Tingkat kepuasaan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi-JK cukup tinggi

Survei Populi: Dipasangkan dengan Siapapun, Jokowi Tetap Ungguli PrabowoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Gunawan menjelaskan tingkat kepuasaan masyarakat selama masa pemerintahan Jokowi-JK cukup tinggi. Jika dikalkulasikan antara puas dengan sangat puas pada pemerintahan Jokowi-JK, maka hasil presentasenya menjadi 63,4 persen.

“Yang kurang puas 29,4 persen, dan tidak puas berada di angka 4,7 persen,” jelas Gunawan.

Baca juga: Survei Pilpres 2019: Jokowi Terkuat, Prabowo Kedua

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya