Survei Pilpres 2019: Jokowi Terkuat, Prabowo Kedua

Nama Anies Baswedan dan AHY disebut dalam survei

Jakarta, IDN Times - Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terkait Peta Elektoral Kandidat dan Prediksi Skenario Koalisi Pilpres 2019. Populasi survei tersebut adalah warga negara Indonesia yang sudah punya hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga minmal berusia 17 tahun atau sudah menikah, dan bukan anggota TNI/Polri.

Survei melibatkan 1.200 responden dengan margin of error +/- 2.8% pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pengambilan data survei dilaksanakan pada 27 Januari-3 Februari 2018.

Lalu bagaimana hasil survei tersebut?

1. Jokowi dan Prabowo kandidat capres terkuat

Survei Pilpres 2019: Jokowi Terkuat, Prabowo KeduaIDN Times/Indiana Malia

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan simulasi kandidat capres menunjukkan hanya ada dua figur dengan elektabilitas tertinggi, yaitu Presiden Joko Widodo dan mantan rivalnya saat pemilihan presiden 2014: Prabowo Subianto.

Tren dan gap elektabilitas kedua figur tersebut juga tak terlalu beda dengan survei Poltracking sebelumnya (November 2017), yaitu berjarak antara 20-25 persen dengan elektabilitas Prabowo di angka 20-33 persen dan elektabilitas Jokowi di angka 45-57 persen.

Dalam simulasi head to head kedua figur tersebut, Jokowi unggul 57,6 persen dibanding Prabowo 33,7 persen.

"Di luar dua figur itu, semua tokoh baik elit politik lama maupun tokoh baru elektabilitasnya tak lebih dari 5 persen ketika dua figur ini masuk dalam pilihan pertanyaan capres," ujar Yuda di Jakarta, Minggu (18/2).

Baca juga: Demokrat Ingin Menang Pemilu 2019, SBY Utus AHY Jadi Ketua Pemenangan

2. Anies Baswedan dan AHY disebut dalam kandidat cawapres

Survei Pilpres 2019: Jokowi Terkuat, Prabowo KeduaIDN Times/Indiana Malia

Sementara itu, dalam simulasi kandidat calon wakil presiden, terdapat enam figur (selain Muhammad Jusuf Kalla) dengan elektabilitas di atas 5 persen, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (12,4%), Gatot Nurmantyo (11,4%), Anies Baswedan (12,1%), Ridwan Kamil (10,4%), Muhaimin Iskandar (7,0%), dan Khofifah Indar Parawansa (5,5%).

3. DPR pegang tiket pencalonan presiden dan wakil presiden

Survei Pilpres 2019: Jokowi Terkuat, Prabowo KeduaIDN Times/Indiana Malia

Kendati nama Anies Baswedan dan AHY disebut dalam survei, elektabilitas figur dari tokoh partai karena partai politik di DPR adalah pemegang tiket pencalonan presiden dan wakil presiden pada pemilu 2019.

Jika menempatkan para tokoh partai yang masing-masing merepresentasikan figur sentralnya dalam pencalonan calon wakil presiden, ada 10 figur kandidat calon wakil presiden dari kalangan parpol.

"Dalam simulasi pertanyaan ini, survei menunjukkan dua nama tokoh partai dengan elektabilitas di atas 10 persen, yaitu AHY dan Muhaimin Iskandar," jelas Yuda.

Baca juga: Ini Nomor Urut 14 Partai Politik Peserta Pemilu 2019 Hasil Undian KPU

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya