Surat Pengunduran Diri Setya Novanto Sampai ke Pimpinan DPR RI

Ikhlas mundur kan pak?

Jakarta, IDN Times - Setya Novanto telah mengirimkan surat pengunduran diri sebagai Ketua DPR RI kepada pimpinan DPR. Bersamaan dengan itu, Novanto juga dikabarkan telah menunjuk Aziz Syamsudin sebagai penggantinya di Parlemen.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Syarifudin Sudding membenarkan, Novanto telah mengirimkan dua surat ke DPR. Ketua Umum Partai Golkar itu sekaligus mengirimkan surat penunjukan Aziz Syamsudin sebagai Ketua DPR RI.

Surat pengunduran diri Novanto kepada Pimpinan DPR, kata Sudding, ditandatangani dirinya dan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Golkar Idrus Marham pada 6 Desember lalu.

Surat Pengunduran Diri Setya Novanto Sampai ke Pimpinan DPR RIIDN Times/Linda Juliawanti

“Tanggal 4 Desember dan ada juga 6 Desember, surat pemberitahuan pengunduran dirinya ditunjukkan kepada pimpinan DPR, dan sekaligus dalam surat pengunduran diri itu memang juga menunjuk saudara Aziz Syamsudin sebagai penggantinya,” kata Sudding, di Gedung DPR RI, Senin (11/12).

Baca juga: Surat 'Sakti' Setya Novanto Langgar Mekanisme Partai Golkar?

Terkait keabsahan surat tersebut, Sudding mengatakan, selama surat tersebut mengikuti mekanisme yang berlaku, surat tersebut bisa dikatakan sah.

Surat Pengunduran Diri Setya Novanto Sampai ke Pimpinan DPR RIANTARA FOTO/Wahyu Putro A

“Sepanjang itu diusulkan oleh fraksinya, katakanlah ketua umum dan sekjen menyampaikan ke fraksinya untuk melakukan pergantian, Fraksi Golkar menindaklanjuti sesuai dengan UU MD3 (Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD), itu sah,” kata Sudding.

Sementara, menindaklanjuti surat pengunduran diri Setya Novanto, Pimpinan DPR akan melaksanakan rapat pimpinan bersama Badan Musyawarah (Bamus) di DPR RI hari ini.

Baca juga: Surat 'Sakti' Setya Novanto Ini Gegerkan Partai Golkar

Topik:

Berita Terkini Lainnya