Siap Bertarung di Pilkada 2018, PKS Usung 116 Calon

PKS menargetkan 60 persen

Jakarta, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan kesiapannya menghadapi PIlkada serentak 2018. Melalui acara Ikrar Pemenangan Calon Kepala Daerah PKS, partai Islam tersebut hari ini mengumpulkan ratusan kadernya sekaligus kandidat yang akan diusung pada Pilkada 2018.

Sekretaris Jenderal DPP PKS Mustafa Kamal mengatakan hari ini telah terkumpul sekitar 100 lebih kandidat yang akan maju pada Pilkada 2018, dan PKS akan segera menyerahkan formulir resmi yang menjadi dasar untuk mendaftarkan ke KPU.

"Kita sudah siap siaga dan kita sudah sama-sama meneguhkan kesiapan, kebulatan tekat dan juga menyepakati partai integritas sebagai calon dalam mengikuti Pilkada maupun nantinya kalau terpilih," jelas Mustafa, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (4/1).

1. PKS konsisten ikuti Pilkada hanya 80 persen

Siap Bertarung di Pilkada 2018, PKS Usung 116 CalonIDN Times/Teatrika Putri

Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan sejak Pilkada serentak gelombang pertama 2015 dan gelombang kedua 2017, PKS tidak pernah mengikuti Pilkada 100 persen. Rata-rata PKS mengikuti 80 persen Pilkada yang diselenggarakan pada kedua gelombang tersebut.

"Karena itu, 2018 ini juga, kami menargetkan sekitar 80 persen dari keseluruhan Pilkada, PKS mengikutinya," ujar Sohibul, dalam pidatonya.

Saat ini, kata Sohibul, baru 116 calon yang diusung dari target sekitar 130-140 Pilkada. Sehingga, masih ada sekitar 20-25 Pilkada yag nanti akan menyusul untuk disahkan dan dikeluarkan surat keputusan untuk calon pasangannya.

Baca juga: [INFOGRAFIS] Pilkada Serentak di Depan Mata, Ini Tahapannya

2. Belum menentukan calon untuk Pilkada Jatim

Siap Bertarung di Pilkada 2018, PKS Usung 116 CalonIDN Times/Teatrika Putri

PKS yang sampai saat ini belum memutuskan siapakah calon gubernur yang akan diusung dalam Pilkada Jawa Timur. Sebelumnya PKS yang berkoalisi dengan PAN dan Partai Gerindra, memutuskan mengusung mantan Menteri ESDM Sudirman Said di Pilkada Jawa Tengah.

"Memang hari ini yang baru diputuskan Jawa Tengah, tapi Insha Allah di sisa waktu sampai tanggal 10, kita juga akan menetapkan pasangan calon di Jawa Timur. Ini persoalan racik meracik yang butuh lebih cermat untuk kasus Jawa Timur," kata Sohibul.

3. PKS Menargetkan 60 persen kemenangan di Pilkada 2018

Siap Bertarung di Pilkada 2018, PKS Usung 116 CalonIDN Times/Teatrika Putri

Sohibul mengatakan PKS menargetkan 60 persen kemenangan dalam Pilkada 2018.

“Kita di 2018 ini menargetkan menang di 60 persen pilkada yang kita ikuti. Ini berarti kita memberikan kekalahan untuk space 40 persennya,” tutur Sohibul.

Baca juga: Yenny Wahid Tolak Tawaran Gerindra Maju di Pilkada Jatim, Ini Alasannya

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya