Yenny Wahid Tolak Tawaran Gerindra Maju di Pilkada Jatim, Ini Alasannya

Prabowo sedih atas keputusan Yenny Wahid

Jakarta, IDN Times - Yenny Wahid, putri kedua Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, menolak tawaran Partai Gerindra untuk maju menjadi Calon Gubernur Jawa Timur di Pilkada 2018.

Malam ini, Rabu 3 Januari 2018, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengundang Yenny Wahid ke kediamannya, untuk membahas tentang Pilkada Jawa Timur yang ditawarkan kepada Yenny.

“Hari ini kita kedatangan Mbak Yenny Wahid sahabat lama saya. Beberapa saat lalu saya undang karena ada wacana meminta beliau untuk maju di Pilgub Jawa timur,” ujar Prabowo, di Kediamannya, Jalan Kertanergara, Jakarta Selatan, Rabu (3/1).

1. Tak direstui keluarga

Yenny Wahid Tolak Tawaran Gerindra Maju di Pilkada Jatim, Ini AlasannyaIDN Times/Margith Juita Damanik

Dalam pertemuannya tersebut, Prabowo menyampaikan Yenny telah menolak tawaran Gerindra untuk maju dalam Pilkada Jatim 2018. 

“Beberapa saat lalu saya undang karena ada wacana meminta beliau untuk maju di Pilgub Jawa Timur, setelah beliau mengambil waktu untuk konsultasi dengan sesepuh-sesepuh NU (Nahdlatul Ulama). Akhirnya, beliau datang hari ini dan menyampaikan bahwa beliau tak diizinkan maju oleh keluarga,” kata Prabowo.

Hal tersebut dibenarkan Yenny sendiri, alasan dirinya menolak tawaran Gerindra. “Tawaran tersebut saya pertimbangkan dengan matang. Namun kami keluarga Gus Dur meyakini punya tugas sejarah untuk menjaga bangsa ini, dan memastikan keluarga NU tidak pecah." 

"Oleh karena itu, kami tak boleh ikut masuk dalam kontestasi yang sedang berlangsung,” kata Yenny, pada kesempatan yang sama.

Baca juga: Nasdem Resmi Dukung Khofifah dan Emil Dardak di Pilkada Jawa Timur

2. Prabowo hormati keputusan Yenny sekaligus sedih

Yenny Wahid Tolak Tawaran Gerindra Maju di Pilkada Jatim, Ini AlasannyaIDN Times/Margith Juita Damanik

Meski menghormati keputusan Yenny Wahid, Prabowo mengungkapkan kesedihannya karena penolakan Yenny.

“Dengan sedih saya menerima dan menghormati, tapi ya mau diapakan lagi,” kata Prabowo disambung tawa.

3. Prabowo berharap Yenny tetap berperan untuk bangsa

Yenny Wahid Tolak Tawaran Gerindra Maju di Pilkada Jatim, Ini AlasannyaANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Walaupun Yenny Wahid menolak tawaran Prabowo maju dalam Pilkada Jawa Timur, namun Prabowo berharap Yenny akan terus berperan untuk bangsa ke depan.

“Kami hormati keputusan keluarga Gus Dur, NU, dan kami yakin beliau akan terus berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap dia.

Prabowo menilai, sosok Yenny dari dulu adalah seorang kader bangsa, putri bangsa yang terkemuka dan memiliki wawasan yang luas.

“Kami harap akan terus menerus memberi sumbangannya pada kita semua dalam kehidupan bangsa kita,” kata Prabowo.

Baca juga: 4 Tokoh Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Timur 

Topik:

Berita Terkini Lainnya