Pemerintah Targetkan Dua Tahun Ke Depan Sungai Citarum Sudah Mulai Bersih

Sementara, Sungai Citarum harus benar-benar bersih dalam waktu 7 tahun ke depan

Bandung, IDN Times – Kemenko Bidang Maritim dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mencanangkan program Citarum Harum, dengan bekerjasama dengan seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Barat, maupun DKI Jakarta. 

Menurut Menristek Mohammad Nasir, pemerintah telah menargetkan menyelesaikan masalah Sungai Citarum dalam kurun waktu 7 tahun.

1. Pemerintah targetkan dua tahun ada perubahan yang signifikan

Pemerintah Targetkan Dua Tahun Ke Depan Sungai Citarum Sudah Mulai Bersihwww.twitter.com/@kemaritiman

Nasir mengungkapkan, target dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk menyelesaikan Sungai Citarum adalah dalam kurun waktu 7 tahun. Namun, meski diberi waktu hingga 7 tahun, kementeriannya dan Kemenko Maritim menargetkan selama 2 tahun ke depan telah ada perubahan yang signifikan di Sungai Citarum.

“Kami target dari pemerintah ini 7 tahun. Tapi, dalam 2 tahun ini kami targetkan harus ada pengaruh yang signifikan. Maka di bawah koordinasi Bapak Menko Maritim, dalam hal ini supaya segera selesai secepat-cepatnyanya,” ujar Nasir di Kampus Iwa Koesoemasoemantri Universitas Padjajaran, Dipati Ukur, Bandung, Kamis (3/5).

Baca juga: Jadikan Citarum Harum, Menristekdikti dan Menko Maritim Gandeng Mahasiswa

2. Pemerintah targetkan air bersih, pendidikan dan ekonomi meningkat

Pemerintah Targetkan Dua Tahun Ke Depan Sungai Citarum Sudah Mulai Bersihwww.twitter.com/@kemaritiman

Nasir menjelaskan, dalam kurun waktu 2 tahun, target pemerintah harus ada pengaruh yang signifikan. Pengaruh signifikan yang ia maksud, diantaranya air di Sungai Citarum harus semakin bersih. Tidak hanya itu, ekonomi dan pendidikan masyarakat juga harus meningkat.

“Satu, air harus semakin bersih. Dari kandungan, mungkin masalah limbah harus kita bersihkan. Yang kedua, masyarakat secara ekonomi sudah harus makin baik. Tingkat kesehatan harus makin baik. Tingkat pendidikan harus makin baik,” kata Nasir.

3. Pemerintah akan lakukan evaluasi jika target tidak tercapai

Pemerintah Targetkan Dua Tahun Ke Depan Sungai Citarum Sudah Mulai Bersihwww.twitter.com/@kemaritiman

Sementara, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan pun optimistis masalah Sungai Citarum bisa terselesaikan dalam kurun waktu 7 tahun. Namun, kalau dalam waktu 7 tahun masalah Citarum belum bisa terselesaikan, Luhut pun akan melakukan evaluasi.

“Kita evaluasi, pasti bisalah. Masak kita sudah punya tekad tapi gak bisa,” kata Luhut. 

Baca juga: Luhut: Sampah Sungai Citarum Cemari Tiga Waduk

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya