Jokowi Usulkan Marsekal Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI 

DPR akan lakukan Fit and Proper Test

Jakarta, IDN Times - Desas-desus siapa yang akan menjabat sebagai Pangima TNI yang baru menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo, yang akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang terungkap. 

Senin (4/12) pagi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno secara langsung bertemu dengan Wakil Ketua DPR sekaligus Waketum Gerindra, Fadli Zon dan memberikan sebuah surat yang berisikan usulan nama calon Panglima TNI yang baru. 

“Tadi pagi, Mensesneg Pratikno menyerahkan surat tentang rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, sekaligus rencana pengangkatan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru,” kata Fadli, di Gedung DPR RI, Senin (4/12).

Baca juga: Kandidat Panglima TNI, Komisi I Tidak Mempermasalahkan Matra

Jokowi Usulkan Marsekal Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Fadli juga menambahkan, usulan nama tersebut akan segera diproses. Mekanismenya, setelah menerima surat dari Presiden, maka akan dibacakan di Paripurna dan penugasan akan diberikan kepada Komisi I yang berkaitan dengan hal tersebut.

“Hari ini kita akan menyelenggarakan rapat pimpinan siang nanti. Dan kita harapkan juga ada Badan Musyawarah, karena ada beberapa agenda juga di DPR termasuk untuk prolegnas dan juga ada beberapa agenda lain yang akan disampaikan,” lanjut Fadli.

Jokowi Usulkan Marsekal Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI thetanjungpuratimes.com

Proses pencalonan Panglima TNI diharap Fadli tidak akan berlangsung lama. Nantinya juga akan ada koordinasi dengan Pimpinan Komisi I dan juga fraksi-fraksi yang ada di dalam Bamus.

Proses juga tergantung Fit and Proper Test di Komisi I, sehingga untuk prosesnya berapa lama, Fadli menyerahkan kepada Komisi I.

Baca juga: Pergantian Panglima TNI, Komisi I Tunggu Arahan Presiden Joko Widodo

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya