Jokowi Diusung Kembali, PDIP Segera Bentuk Koalisi

Koalisi akan dibentuk setelah Rakernas selesai

Jakarta, IDN Times – Setelah pencalonan kembali Jokowi dalam Pilpres 2019, langkah PDIP berikutnya adalah menbangun koalisi. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan koalisi akan segera dibangun begitu Rakernas PDIP selesai.

1. PDIP sudah miliki gambaran koalisi

Jokowi Diusung Kembali, PDIP Segera Bentuk KoalisiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hasto menuturkan PDI Perjuangan sudah memiliki gambaran koalisi. Partai yang telah menyatakan dukungannya terhadap Jokowi, kata Haso, akan diajak untuk berdialog lebih lanjut.

“Kami tahu, pemerintahan yang stabil, pemerintahan yang kuat, tidak hanya mendapatkan dukungan legitimasi rakyat tetapi juga kekuatan mayoritas di parlemen,” ujar Hasto di Hotel Sanur Paradise, Denpasar, Bali, Sabtu (24/2).

Baca juga: FOTO: Begini Keceriaan Jokowi Setelah Ditetapkan Menjadi Capres oleh PDIP

2. Dialog akan dilakukan berdasarkan urutan

Jokowi Diusung Kembali, PDIP Segera Bentuk KoalisiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

PDIP yang akan menjajaki satu persatu para partai pendukung. Hasto ungkapkan, urutannya akan disesuaikan dengan partai-partai yang sebelumnya telah menyatakan dukungan terhadap Jokowi.

“Kalau pertama kali yang telah menyampaikan dukungan adalah yang berada dalam pemerintahan, maka fokus kami adalah partai yang ada di dalam pemerintahan,” jelasnya.

Kemudian, tambahnya, PDIP akan mulai mengajak partai-partai lain di luar pemerintahan untuk diajak berdialog.

3. Skala prioritas partai yang miliki kursi di parlemen

Jokowi Diusung Kembali, PDIP Segera Bentuk KoalisiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terhadap partai di luar pemerintahan, Hasto memaparkan juga akan mendekati dan membangun komunikasi kepada partai di luar pemerintahan yang telah menyatakan dukungan untuk Jokowi.

“Kami mencoba membangun komunikasi politik. Misalnya Perindo sudah memberikan dukungan kepada Bapak Jokowi, PSI itu juga akan kami coba,” terang Hasto.

Hasto juga menjelaskan bahwa untuk koalisi PDIP ke depannya, skala prioritas adalah partai yang memiliki kursi di parlemen, karena itu merupakan dasar-dasar untuk membangun kekuatan gotong-royong ke depan. 

Baca juga: Hasto: Megawati dan AHY Segera Bertemu

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya