Begini Lho Kesan Jokowi di Mata Gubernur Jawa Tengah

Ganjar Pranowo menilai Jokowi adalah sosok yang merakyat. Kalian setuju?

Denpasar, IDN Times – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengenal sosok Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai individu yang merakyat. Komentar itu ia sampaikan menanggapi pencalonan Jokowi kembali sebagai RI 1 dalam pemilu 2019 mendatang.

Jokowi yang selalu mengedepankan pembangunan infrastruktur diketahui memang memiliki mimpi besar agar seluruh wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke dapat tersambung. Dengan begitu tidak ada pembangunan yang timpang dan rakyat Indonesia bisa sejahtera.

Ganjar mengakui memang target 100 persen yang sempat dibuat Jokowi belum semuanya bisa dipenuhi. Tetapi, selayaknya pemerintahan di mana pun, kata dia, tidak ada yang 100 persen sempurna.

Apalagi kesan Ganjar terhadap mantan Walikota Solo itu?

1. Jokowi sosok yang baik dan tulus

Begini Lho Kesan Jokowi di Mata Gubernur Jawa TengahBiro Pers Istana

Ganjar mengatakan, setiap orang memang memiliki kekurangan, tak terkecuali Jokowi yang juga tak luput dari kekurangannya. Tetapi, Ganjar menilai jika Jokowi adalah orang yang baik. Hampir semua,  dilakukan oleh Jokowi dengan tulus.

“Bagaimana dia berkeliling di seluruh Indonesia hampir tidak ada waktu. Paspampres saja sekarang melakukan reorientasi cara pengamanan. Beda dengan seluruh presiden (yang lalu) kan,” kata Ganjar yang ditemui di Hotel Sanur Paradise, Denpasar, Bali, pada Jumat (23/2).

Tidak cukup sampai di situ, saat berkeliling ke seluruh Indonesia, Jokowi selalu bersentuhan dan menyalami langsung rakyat. Ini merupakan sebuah kejujuran dan ketulusan seorang politisi.

“Dan itu bisa dirasakan oleh masyarakat bahwa pemimpin ini sungguh tidak sempurna 100 persen,” katanya lagi. 

Baca juga: Survei Popularitas: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Turun Jelang Pilpres 2019

2. Jokowi dan kebijakannya

Begini Lho Kesan Jokowi di Mata Gubernur Jawa TengahBiro Pers Istana

Menurut Ganjar, beberapa kebijakan yang telah dibuat Jokowi, seharusnya bisa berhasil apabila didukung oleh daerah masing-masing. Jokowi juga termasuk salah satu Presiden yang selalu mencanangkan pemerintah yang bersih.

“Jawa Tengah kerjasama dengan KPK sudah lama. SKPD pun membuat dengan kesadaran. Melaporkan gratifikasi, menolak gratifikasi, yang gitu-gitu aja. Ini permintaan Pak Jokowi,” kata Ganjar.

Tidak hanya pemerintah yang bersih, lanjut dia, pelayanan yang cepat, birokrasi yang dipangkas, izin-izin yang dipermudah, adalah kebijakan yang dilakukan Jokowi untuk memercepat keberhasilan.

Baca juga: Diusung Kembali Jadi Capres oleh PDIP, Jokowi Ucapkan Terima Kasih

3. Jokowi unggul dalam infrastruktur

Begini Lho Kesan Jokowi di Mata Gubernur Jawa TengahBiro Pers Istana

Ganjar mengatakan jika Jokowi adalah salah satu presiden yang unggul dalam pembangunan. Beberapa permasalahan tentang infrastruktur sudah banyak yang dibantu dan diperbaiki oleh Jokowi.

“Energi kita dikasih, kita bisa mandiri. Nelayan kemarin protes, sekarang diakomodasikan. Jadi kalau kita bisa menyampaikan, ini bagian dari optimisme. Memprediksi siapa pemimpin kita ke depan,” ucap Ganjar.

Baca juga: PDI Perjuangan Resmi Usung Jokowi Jadi Capres Pada Pemilu 2019

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya