6.000 Umat Kristiani Diperkirakan Penuhi Gereja Katedral saat Natal

Hari ini Katedral menyelenggarakan tiga kali Misa

Jakarta, IDN Times - Persiapan perayaan Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, sudah hampir rampung jelang Misa nanti malam. Mulai dari dekorasi, keamanaan, hingga penyediaan lahan parkir.

Kepala Koordinator Keamanan Gereja Katedral Budi Sukaman mengatakan, pihak gereja sudah menyiapkan 110 personel, yang akan mengatur jemaah di sekitar gereja. Panitia juga sudah menyiapkan dua pintu masuk dan tiga pintu keluar.

“Kekuatan keamaan dalam sebanyak 50 personel, ditambah tatib 60. Jadi jumlah total keseluruhan 110,” kata Budi di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (24/12).

Budi menjelaskan hari ini Katedral akan menyelenggarakan tiga kali Misa, yaitu pukul 17.00 WIB, 20.00 WIB, dan 22.00 WIB. Jumlah jemaah yang hadir hari ini diperkirakan mencapai 6.000 jemaah.

1. Menyediakan parkir di Masjid Istiqlal

6.000 Umat Kristiani Diperkirakan Penuhi Gereja Katedral saat NatalIDN Times/Teatrika Putri

Ramainya jemaah yang datang ke Gereja Katedral, tentunya sudah dipikirkan pihak panitia. Seperti biasanya untuk setiap kegiatan keagamaan, baik Natal, Paskah, maupun Lebaran, pihak Gereja Katedral selalu bekerja sama dengan Masjid Istiqlal.

“Kita selalu koordinasi dengan pihak Istiqlal, terutama tempat parkir untuk malam Natal dan hari Natal. Kita tempatkan di kantor pos, Santa Ursula, Masjid Istiqlal,” kata Budi.

Pada kesempatan sama, Kapolsek Metro Sawah Besar Komisaris Eka Baasith mengatakan sudah disediakan lahan parkir untuk para jemaat Katedral yang hadir.

“Kantong-kantong parkir pun sudah disediakan yaitu di kawasan parkir Istiqlal. Apabila sudah tidak mencukupi untuk unit kendaraan yang diparkir di Istiqlal, itu kemudian dialihkan ke area parkir di sekitar area Lapangan Banteng dan Pasar Baru,” kata Eka.

2. 106 Petugas siap menjaga area Katedral

6.000 Umat Kristiani Diperkirakan Penuhi Gereja Katedral saat NatalIDN Times/Teatrika Putri

Eka Baasith menjelaskan pihaknya sudah mengerahkan 106 personel untuk mejaga keamanan sekitar Gereja Katedral. 

“Kami dari unsur keamanan menurunkan personel keamanan 106 personel itu yang terdata, ditambah bantuan keamanan dari BKO (bantuan kendali operasi), dari Brimob anti-anarkis, dan satu unit Jibom dan satu unit dari K9 (unit pengamanan dengan anjing pelaca),” kata dia.

Baca juga: Jelang Perayaan Natal, Gereja Katedral Tampil Lebih Unik

3. Sterilisasi di Gereja Katedral

6.000 Umat Kristiani Diperkirakan Penuhi Gereja Katedral saat NatalIDN Times/Teatrika Putri

Sekitar pukul 13.10 WIB, personel kepolisian sudah mulai terlihat sibuk menyisir area Gereja Katedral untuk sterilisasi gereja. Sebelum ibadat rutin mingguan juga sudah dilakukan sterilisasi pada pukul 05.30 WIB.

“Sterilisasi kawasan Katedral sendiri, semua lokasi di Katedral. Mulai dari gedung utama dalam gereja itu sendiri, kemudian ada ruang area Bunda Maria nya, kemudian sarana parkir yang ada di Katedral,” jelas Eka.

4. Jemaat mulai memenuhi Katedral

6.000 Umat Kristiani Diperkirakan Penuhi Gereja Katedral saat NatalIDN Times/Teatrika Putri

Jemaat Misa di Gereja Katedral sudah mulai berdatangan sekitar pukul 14.00 WIB. Terlihat beberapa jemaat yang mengenakan pakaian rapi datang bersama keluarga. Terlihat juga dari beberapa jemaat mulai berdoa saat tiba di Katedral.

5. Lalu lintas sekitar Katedral kondusif

6.000 Umat Kristiani Diperkirakan Penuhi Gereja Katedral saat NatalIDN Times/Teatrika Putri

Sementara, lalu lintas di sekitar Gereja Katedral masih tampak kondusif. Eka mengatakan kondisi lalu lintas masih kondusif, mulai Sabtu 23 Desember malam hingga siang ini.

“Unit lantas bekerja sama dengan Dinas Perhubungan untuk melakukan kegiatan atur lalin dan mengarahkan kendaraan-kendaraan jemaat yang akan beribadah ke Katedral ini, ke kantong-kantong parkir yang sudah disediakan,” kata Eka.

Baca juga: Amankan Natal di Gereja Katedral Jakarta, 106 Personel Aparat Keamanan Diturunkan

Topik:

Berita Terkini Lainnya