Lagi Ramai Tiket Mudik, Ini Istilah-istilah Kereta Api yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Supaya gak salah pilih kereta ya.

Jakarta, IDN Times- Ketika membeli tiket kereta api, pastinya pernah mendengar beberapa istilah kereta yang banyak beredar luas di masyarakat.

Istilah-istilah ini sering dipergunakan, namun banyak yang mungkin belum tahu sebenarnya apa arti dari istilah berbagai macam kereta di Indonesia ini.

1. Kereta bandara

Lagi Ramai Tiket Mudik, Ini Istilah-istilah Kereta Api yang Mungkin Belum Kamu TahuIDN Times/Akhmad Mustaqim

Apa itu kereta bandara? Seperti namanya, kereta ini dioperasikan untuk melayani rute dari stasiun umum menuju bandara. Peruntukannya pun khusus, ditujukan bagi penumpang pesawat yang akan menuju bandara tempat mereka akan terbang. Saat ini di Indonesia baru ada dua kereta bandara, yaitu di Medan dan Jakarta.
 
Keistimewaan dari naik kereta bandara adalah kepastian waktu sampai di tempat tujuan. Dengan naik kereta bandara, kamu gak perlu khawatir macet di jalan yang bisa membuatmu terlambat lalu ketinggalan pesawat.

2. Kereta lebaran

Lagi Ramai Tiket Mudik, Ini Istilah-istilah Kereta Api yang Mungkin Belum Kamu TahuInstagram/@kai121_

Seperti namanya, kereta lebaran adalah rangkaian kereta khusus yang dioperasikan oleh PT KAI pada masa Lebaran alias Hari Raya Idul Fitri. Jumlah penumpang kereta yang melonjak karena banyak orang mudik di Hari Raya umat Islam ini membuat PT KAI menambahkan kereta Lebaran agar semua pemudik mendapatkan tiket pulang.

Biasanya, kereta lebaran hanya beroperasi mulai beberapa hari sebelum lebaran dan sampai beberapa hari sesudahnya. Setelah itu, kereta ini tidak akan beroperasi sampai saatnya dibutuhkan lagi.

3. Kereta tambahan

Lagi Ramai Tiket Mudik, Ini Istilah-istilah Kereta Api yang Mungkin Belum Kamu TahuInstagram/kai121_

Kereta tambahan adalah rangkaian gerbong yang ditambahkan pada jalur kereta tertentu. Misalnya kereta tambahn Matarmaja, kereta tambahan Jayabaya, dan lain sebagainya. 
Mirip dengan kereta lebaran, kereta tambahan biasanya dioperasikan ketika momen padat penumpang. 

Baca juga: 5 Jalur Kereta Api Paling Ekstrem di Dunia, Masih Berani Lewat?

Seperti Hari Natal, Tahun Baru, liburan panjang dan berbagai momen lainnya ketika rangkaian kereta utama meang tidak mencukupi. 

Tidak hanya diberikan pada kereta jarak jauh, kereta tambahan juga diberikan untuk jalur jarak dekat seperti Jakarta – Cirebon, Jogja – Solo, Malang – Surabaya dan lain sebagainya.

3. Kereta Prioritas

Lagi Ramai Tiket Mudik, Ini Istilah-istilah Kereta Api yang Mungkin Belum Kamu TahuInstagram/kai121_

Penasaran dengan kereta api kelas premium yang fasilitasnya lebih bagus daripada eksekutif? Kereta Prioritas adalah jawabannya.

Biasanya kereta ini dipergunakan untuk melayani perjalanan presiden dan tamu Negara. Namun sekarang kamu juga bisa menikmatinya lewat Kereta Wisata Priority seperti yang ada di Argo Lawu.

Karena sangat eksklusif, kereta ini tidak beroperasi setiap hari. Kamu hanya bisa menumpang kereta VVIP ini di akhir pekan saja dengan tujuan tertentu. Untuk tiketnya, semua bisa dibeli seperti biasa, baik lewat loket stasiun maupun online di Traveloka. 

4. Kereta lanjutan

Lagi Ramai Tiket Mudik, Ini Istilah-istilah Kereta Api yang Mungkin Belum Kamu TahuTwitter/@ka121

Kereta lanjutan adalah fitur terbaru dari Traveloka yang memungkinkan kamu untuk melakukan perjalanan dengan dua kereta berbeda. Fitur ini hanya ada di Traveloka, bahkan PT KAI pun belum memilikinya. Fitur ini bisa menjadi alternatif ketika tiket “kereta langsung” ke kota tujuan sudah habis.

Dengan kereta lanjutan, kemungkinan untuk mendapatkan tiket terbuka lebih lebar. Kamu hanya perlu menyiapkan waktu lebih karena setiap kereta akan mengalami transit di kota-kota tertentu. Fasilitas ini hampir sama dengan sistem transit untuk pesawat. Dimana sistem ini akan menggunakan dua kereta api yang berbeda dan dihubungkan melalui transit di stasiun tertentu, ini disesuaikan dengan jalur yang kamu lalui.

Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena banyak hal seru bisa kamu lakukan di kota-kota tempat transit. Mulai dari wisata kuliner di sekitar stasiun, sampai jalan-jalan dan belanja buat tambahan oleh-oleh.

Nah, sekarang sudah tahu beberapa istilah yang kerap digunakan di kereta api kan? Jadi tidak bingung lagi bila di layar pemesanan tertera tulisan “Kereta Tambahan / Additional Train” atau “Kereta Lanjutan / Connecting Train”.

Baca juga: Tinjau Jalur Mudik, Kakorlantas Naik Moge

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya