Tak Ada Nama Ustaz Somad & Felix Siauw dalam 200 Rilis Mubalig Kemenag

Mubalig yang mereka rekomendasikan untuk mengisi kegiatan keagamaan.

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama merilis 200 nama mubalig yang mereka rekomendasikan untuk mengisi kegiatan keagamaan. Nama-nama mubalig yang direkomendasikan ini untuk merespons pertanyaan dari masyarakat siapa saja yang dapat mereka rujuk untuk berbagai kegiatan keagamaan. 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan kini forum pengajian dan majelis taklim semakin menjamur. Bahkan, hingga merambah ke perkantoran. 

"Kemeriahan kegiatan di perkantoran bahkan tidak kalah dengan syiar di masjid, musala, dan majelis taklim," ujar Lukman seperti dikutip dari laman Kementerian Agama pada Jumat (18/5). 

Nah, siapa saja 200 nama mubalig yang direkomendasikan oleh Kemenag itu? 

1. Tidak ada nama Ustaz Abdul Somad dan Felix Siauw di dalam daftar yang dirilis oleh Kementerian Agama

Tak Ada Nama Ustaz Somad & Felix Siauw dalam 200 Rilis Mubalig KemenagInstagram/@ustadzabdulsomad

Di dalam daftar yang dirilis oleh Kemenag gak terdapat beberapa mubalig yang memiliki pengikut yang cukup banyak seperti Ustaz Abdul Somad dan Felix Siauw. Yang masuk ke dalam daftar antara lain Abdullah Gymnastiar, Mamah Dedeh (Dedeh Rosidah), Ma'ruf Amin (Ketua Majelis Ulama Indonesia), Mahfud MD (mantan Ketua Mahkamah Konstitusi), Din Syamsuddin dan Quraish Shihab (mantan Menteri Agama). 

Menurut Kemenag, 200 nama mubalig itu sudah memenuhi tiga kritteria yakni memiliki kompetensi keilmuan yang tinggi, reputasi yang baik dan berkomitmen kebangsaan yang tinggi. 

"Nama yang masuk ini memang harus memenuhi ketiga kriteria itu. Namun, para mubalig yang belum masuk dalam daftar ini, bukan berarti tidak memenuhi tiga kriteria tersebut," kata Menag Lukman. 

Baca juga: Menag: Salah Memahami Teks Kitab Suci Bisa Berakibat Ekstrem

2. Nama-nama di dalam daftar masih bisa bertambah 

Tak Ada Nama Ustaz Somad & Felix Siauw dalam 200 Rilis Mubalig Kemenagwww.kemenag.go.id

Menurut Lukman, nama-nama yang ada di dalam daftar sifatnya dinamis. Artinya, masih bisa bertambah. Daftar nama yang dirilis di awal itu juga disusun berdasarkan masukan tokoh agama, ormas keagamaan dan tokoh masyarakat. 

"Akan kami update terus secara resmi," kata Lukman. 

Bagi yang ingin mengecek siapa saja nama-nama mubalig yang masuk ke dalam daftar yang direkomendasikan oleh Kemenag, silakan klik di sini. 

3. Masyarakat bisa ikut memberikan masukan melalui pesan pendek

Tak Ada Nama Ustaz Somad & Felix Siauw dalam 200 Rilis Mubalig Kemenagcomputerbild.de

Bagi masyarakat yang ingin memberikan masukan, Kemenag menyediakan jalurnya melalui pesan pendek di nomor 0811 8497 492. Kemenag berharap langkah ini bisa memperkuat upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama sesuai misi mereka. 

Baca juga: Kasus Dugaan Persekusi Ustaz Abdul Somad, Polri: Kita Netral

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya