Siap-Siap, Surabaya Bakal Punya "Busway" dan Trem Sekaligus

Sekali bayar untuk beberapa moda

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini kembali optimis tentang program transportasi di wilayahnya. Dalam jangka panjang, kata Risma, masyarakat Surabaya akan dapat menikmati fasilitas transportasi yang terintegrasi. Hal ini disampaikan Risma di hadapan para wartawan di ruang kerjanya pada Jumat (20/10). Rencananya, Pemerintah Kota Surabaya akan mengintegrasikan berbagai moda tersebut pada tahun 2019 nanti. 

Akan ada feeder bus yang terintegrasi dengan trem.

Siap-Siap, Surabaya Bakal Punya Busway dan Trem SekaligusIlustrasi/IDN Times

Rencananya, sepanjang jalan Ahmad Yani akan dibangun jalan khusus semacam busway untuk feeder buss dari dan ke Terminal Joyoboyo. Dari Joyoboyo kemudian bisa melanjutkan perjalanan menggunakan trem ke arah kota. "Feeder-nya nanti dari CITO (mall). Kita buat dua jalur, untuk busway-nya berhenti di Joyoboyo (terminal). Nanti ke kotanya naik trem," ujar Risma. 

Tentang siapa pengelola moda tersebut, Risma akan menyerahkan kepada PT Kereta Api Indonesia. "Kita sudah kontak Bappeko dan KAI kemudian setelah itu untuk operasional kita serahkan ke KAI," ujarnya. "Tadi saya ketemu dengan Direktur Sarana Prasarana PT KAI, kita sepakat akan lakukan kerjasama. Insya Allah tim teknisnya jalan terus."

Baca juga: 1 Mahasiswa Tewas, Begini Kronologi Kecelakaan Maut di Bukit Darmo Surabaya

Sekali bayar untuk beberapa moda.

Siap-Siap, Surabaya Bakal Punya Busway dan Trem SekaligusIlustrasi/IDN Times

Risma optimis bahwa rencana itu dapat direalisasikan dalam waktu dekat. "Saya kira tahun ini bisa lelang," ujar wali kota perempuan pertama di Surabaya itu. Saat ini, koordinasi terus dilakukan antara pemerintah kota dan seluruh stake holder yang berkaitan tentang pelaksanaan tender proyek tersebut.

Selain kemudahan fasilitas, warga Surabaya juga akan diuntungkan dengan inovasi ini. Sebab, mereka cukup sekali membayar untuk dua moda transportasi sekaligus. Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa masih akan mengkaji proyek ini lebih lanjut. "Ini masih ide, nanti kita konsultasikan dengan para ahli."

Baca juga: Kisah Risma Bujuk Ayah Yanuar hingga Dipelototi Pramugari

Topik:

Berita Terkini Lainnya