Siap-siap, Surabaya Akan Luncurkan Bus Anti Macet

Lampu lalu lintas bisa otomatis hijau saat bus ini melintas

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya berencana menghadirkan angkutan massal baru yang diberi nama Bus Suroboyo. Moda transportasi tersebut diharapkan dapat menjadi solusi kepadatan lalu lintas di kota pahlawan. "Karena ini yang paling mudah sehingga cepat direalisasikan. Tetap kita siapkan untuk supaya koneksi antar moda bisa terjamin," ujar Risma saat memimpin percobaan Bus Suroboyo, Jumat (29/12). 

1. Fasilitas penunjang trem

Siap-siap, Surabaya Akan Luncurkan Bus Anti Macet

Risma mengatakan bahwa Bus Suroboyo sejatinya digunakan untuk angkutan penunjang trem. Namun untuk langkah awal, bus tersebut akan dioperasikan terlebih dahulu. 

Selain itu, hal lain yang mempengaruhi adalah jalur transportasi massal yang bervariasi. Oleh karena itu, moda transportasi bus dirasa lebih menjawab permasalahan secara cepat. 

2. Bus anti macet 

Siap-siap, Surabaya Akan Luncurkan Bus Anti MacetIDN Times/Rudy Bastam

Bus seharga Rp 2,4 milliar itu rencananya akan diintegrasikan dengan Surabaya Intellegence Transportation System (SITS). Dengan teknologi Bus Priority, lampu lalu lintas akan dikondisikan berubah menjadi hijau secara otomatis setiap bus akan melintas. 

Dengan demikian, bus diharapkan akan dapat memberikan pelayanan secara tepat waktu, aman, dan nyaman.  

3. Dilengkapi berbagai fasilitas penunjang

Siap-siap, Surabaya Akan Luncurkan Bus Anti Macet

Untuk menarik warga agar beralih ke transportasi massal, pemerintah kota Surabaya melengkapi bus dengan berbagai fasilitas penunjang, seperti pemasangan 12 kamera cctv dan pemisahan bangku pria dan wanita. Selain itu, bus juga dilengkapi sarana penunjang bagi kaum difabel dan lansia untuk naik dan turun bus. 

Baca juga: Demi Orangtua, 2 Bocah Ini Numpang di Bagian Bawah Bus

4. Akan luncurkan rute Waru-Joyoboyo tahun depan 

Siap-siap, Surabaya Akan Luncurkan Bus Anti MacetIDN Times/Rudy Bastam

Sebagai permulaan, Bus Suroboyo akan mengambil rute Waru - Joyoboyo untuk awal tahun depan. Setelahnya, rute akan disambung dari Joyoboyo - Siola pada pertengahan tahun depan. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajad mengatakan bahwa keberadaan bus ini adalah sebagai bentuk pelayanan bagi masyarakat Surabaya. "Tujuannya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya untuk kenyamanan dan pelayanan," ujar Irvan.

Baca juga: Natal dan Tahun Baru, Dishub Surabaya Siagakan Bus Cadangan

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya