Risma Pastikan Natal di Surabaya Aman

Ada ribuan personil yang siap mengamankan Surabaya

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru. Bertempat di Balai Kota Surabaya, sebanyak 2000 pasukan yang terdiri dari berbagai unsur disiapkan. Wali Kota Tri Rismaharini mengharapkan dengan langkah ini, keamanan dan kenyamanan warga Surabaya selama Natal dan Tahun Baru dapat terjamin.

"Dengan apa dilakukan petugas yg ada di lapangan maka kota ini akan menjadi lebih aman dan warga akan melakukan aktivitas dengan nyaman," ujar Risma dalam sambutannya, Jumat (22/12).

1. Kerahkan total sekitar 3200 personel dari berbagai unsur

Risma Pastikan Natal di Surabaya AmanIDN Times/Rudy Bastam

Dalam kegiatan pengamanan ini, Kota Surabaya mengerahkan total sekitar 3200 personel. Sebanyak 2000 personel terdiri dari unsur gabungan seperti TNI/Polri, Satpol PP, Linmas, Dinas Perhubungan, Palang Merah Indonesia, hingga Dinas Pemadam Kebakaran. Sebelumnya, Polrestabes secara khusus telah mengerahkan 1200 personel untuk melakukan pengamanan di berbagai titik rawan kejahatan di kota itu. 

2. Berikan pengamanan hingga tingkat kelurahan

Risma Pastikan Natal di Surabaya Aman

Wali Kota Tri Rismaharini mengatakan bahwa dirinya bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) akan melakukan pengamanan hingga tingkat kelurahan. "Jadi yang di tingkat kelurahan pun bukan cuma tempat ibadah yang dijaga, tapi juga lingkungan perumahan," kata Risma.

3. Inspeksi gereja 

Risma Pastikan Natal di Surabaya AmanIDN Times/Rudy Bastam

Dalam kesempatan itu, Risma juga turut serta memeriksa keamanan Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Jalan Kepanjen, Surabaya. Di rumah ibadah itu, kepolisian mencari barang-barang mencurigakan yang akan mengganggu jalannya ibadah. Rencananya kegiatan serupa juga akan dilakukan di seluruh gereja di kota pahlawan.

4. Imbau warga tak ragu telepon 112 dalam keadaan darurat

Risma Pastikan Natal di Surabaya AmanIDN Times/Rudy Bastam

Risma juga menekankan kepada warga Surabaya untuk tidak ragu menelepon nomor darurat 112 jika dalam keadaan mendesak. "Saya pikir Command Center 112 akan cukup membantu karena petugasnya cukup lengkap. Termasuk kepolisian," ujar Risma. 

5. Apresiasi kinerja anggota

Risma Pastikan Natal di Surabaya AmanIDN Times/Rudy Bastam

Risma juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel yang bertugas. Sebab di saat kondisi libur dan beribadah masih tetap melakukan tugas di lapangan. "Saya titip pesan kepada keluarga (personel). Sampaikan salam hormat saya untuk mereka,"  kata Risma

Baca juga: Risma: Ibu adalah Tiang Negara

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya