Risma: Ibu adalah Tiang Negara

Patuhi perintahnya selagi beliau masih ada

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan bahwa peran ibu sangat besar dalam perkembangan sebuah negara. Bahkan, Risma menyebut bahwa ibu-ibu Indonesia adalah tiang negara. "Kalau anak kita selamat, Insya Allah negara ini selamat. Tapi kalau anak kita hancur negara ini akan hancur," ujarnya saat peringatan Hari Ibu di halaman balai kota Surabaya, Jumat (22/12). 

1. Anak-anak Surabaya anak kita semua

Risma: Ibu adalah Tiang NegaraIDN Times/Rudy Bastam

Wali Kota perempuan pertama di Surabaya itu mengimbau kepada ibu-ibu di kota Surabaya untuk ikut bersama-sama menjaga anak-anak Surabaya. "Anak surabaya adalah anak kita. Jadi mari kita lindungi bersama," ujarnya. 

Dalam peringatan hari ini, pemkot mengambil tema 'Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya'. Di dalamnya digelar beebagai macam lomba. Antara lain memasak, lomba permainan tradisional, dan fashion show.

Baca juga: Hari Ibu: Mengenal Sosok Bunda Cagub DKI, dari Dosen hingga "Instagrammer"

2. Berikan penghargaaan

Risma: Ibu adalah Tiang NegaraIDN Times/Rudy Bastam

Tak hanya itu, pemerintah kota Surabaya juga memberikan penghargaan kepada perempuan marjinal yang berhasil menunjukkan prestasi. Dari mereka, kata Risma, ada sebuah pelajaran bahwa tak seharusnya ibu-ibu memaksakan kehendaknya kepada suami. "Masih banyak keluarga yang menderita dan kurang beruntung, harus tetap melihat ke bawah," ujarnya berpesan. 

3. Ibu jangan segan untuk menegur anak

Risma: Ibu adalah Tiang NegaraIDN Times/Rudy Bastam

Risma juga menyampaikan kepada ibu-ibu untuk tidak segan menegur anak-anak yang berbuat tidak benar. Sekalipun, lanjutnya, bukan anak sendiri. Dirinya bahkan menyarankan untuk menelpon layanan 112 jika ditemui anak bermasalah. "Anak surabaya adalah anak kita semua jangan dibiarkan, ibu-ibu tidak ingin anak-anak kita menjadi penjahat kan?" tanya Risma.

Baca juga: 8 Makanan Spesial untuk Dijadikan Kado Hari Ibu, Makin Disayang Deh!

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya