Pemilih Muda hingga Medsos, Jurus Emil Dardak dalam Pilkada

Yang muda yang bersuara

Surabaya, IDN Times - Pesta demokrasi Pilkada bagi warga Indonesia adalah waktunya untuk memberikan suara bagi daerahnya masing-masing. Kampanye dan dukungan terus dilakukan untuk memenangkan pertarungan, bahkan mungkin dengan cara-cara yang tidak etis. Calon Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak punya pandangan sendiri. 

"Kita ingin menang dua kali. Yaitu menang secara politik dan menang secara etika. Itu juga yang disampaikan para kiai," ujar Emil saat ditemui di Surabaya, Kamis (4/1). 

1. Andalkan relawan dan pemilih muda

Pemilih Muda hingga Medsos, Jurus Emil Dardak dalam PilkadaIDN Times/Rudy Bastam

Dalam Pilgub mendatang, pasangan Khofifah & Emil akan banyak mengandalkan relawan dan kelompok-kelompok muda. Emil mengaku bahwa dirinya bersama Khofifah telah berkeliling ke seluruh Jawa Timur untuk mengenali pemilih-pemilihnya secara langsung. Dari situ, harapnya, komunikasi akan berjalan lebih baik. 

Keduanya tak canggung saat diminta datang ke acara-acara pemuda dan komunitas. "Memang (sifatnya) tidak politis tapi dari situlah tercipta koneksi batin kita dengan pemilih pemula," ujarnya. 

Baca juga: Nasdem Resmi Dukung Khofifah dan Emil Dardak di Pilkada Jawa Timur

2. Mantapkan kampanye media sosial

Pemilih Muda hingga Medsos, Jurus Emil Dardak dalam PilkadaIDN Times/Rudy Bastam

Suami selebriti, Arumi Bachsin itu menambahkan ke depan dirinya bersama tim ingin lebih aktif dalam memanfaatkan sosial media sebagai sarana kampanye. Emil melihat bahwa sosial media adalah sarana yang efektif dalam menyampaikan ide melalui audio visual, sekaligus dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat. 

Emil juga mewanti-wanti agar masyarakat tidak mudah menerima berita bohong alias hoax. Dirinya juga menekankan untuk menjauhi black campaign dan kampanye yang sifatnya mengadu domba. "Sehingga Jawa Timur dapat menjadi contoh kedewasaan masyarakatnya dalam menggunakan sosial media," jelas dia. 

3. Mampu membingkai kerukunan

Pemilih Muda hingga Medsos, Jurus Emil Dardak dalam PilkadaIDN Times/Sukma Shakti

Hal senada juga dikatakan oleh Rendra Kresna, Ketua DPW Partai Nasdem Jatim. Dirinya mengatakan bahwa calon yang diusung partainya adalah tokoh-tokoh pilihan.

Pemilih Muda hingga Medsos, Jurus Emil Dardak dalam PilkadaIDN Times/Rudy Bastam

"Memiliki kemampuan memperbaiki situasi menjadi lebih baik, memulihkan keadaan dalam bingkai kerukunan," kata dia.

Baca juga: Maju di Pilkada Jawa Timur Tanpa Restu, PDIP Pecat Emil Dardak

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya