Membanggakan, Paduan Suara UNS Borong Tiga Gelar di Spanyol

Salut!

Kabar baik untuk dunia paduan suara Indonesia. Kali ini, kabar tersebut datang dari Paduan Suara Mahasiswa Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Mereka berhasil menjuarai 63rd International Choral Contest Habaneras and Polyphony yang digelar di Torrevieja, Spanyol pada 17-23 Juli lalu.

Membanggakan, Paduan Suara UNS Borong Tiga Gelar di SpanyolDok. Voca Erudita

Mahasiswa yang tergabung dalam Padua Suara Mahasiswa Voca Erudita ini berhasil menyabet gelar setelah menyisihkan 12 peserta dari 9 negara lainnya antara lain Argentina, Lithuania, Ukraina, Serbia, Polandia, Rusia, Spanyol, Filipina, dan Indonesia. 

Raih 3 gelar sekaligus berkat lagu berbahasa Spanyol.

Membanggakan, Paduan Suara UNS Borong Tiga Gelar di SpanyolDok. Voca Erudita

Dalam gelaran kali ini, Voca Erudita berhasil menyabet tiga gelar sekaligus, yakni 3rd  Place for Polyphony Categories, 3rd Place for Habaneras Categories, dan Fransisco Vallejos award for best Interpretation of Song Tu. Setidaknya 4 lagu berbahasa Spanyol dan 1 lagu asal Indonesia dibawakan dalam kompetisi ini, yaitu, Son Tus Ojos, Tu, Rosita De Un Verde Palmar, O Nata Lux dan Tari Indang.

"Untuk penghargaan Fransisco Vallejos award for best Interpretation of Song Tu sendiri, penghargaan tersebut diraih Voca Erudita sebagai kelompok Paduan Suara yang memiliki interpretasi terbaik dari lagu kategori Habaneras. Salah satu lagu yang dibawakan oleh Voca Erudita yang dinilai juri dibawakan dengan sangat baik yakni berjudul “Tu”," jelas Ketua Umum PSM Voca Erudita, Wahyu Yulianto dalam keterangan tertulisnya kepada IDN Times, Kamis (8/10).

Baca juga: Video Ini Memperlihatkan Bule-bule Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dengan Indah! Bangganya!

Tak lupa perkenalkan budaya Indonesia.

Membanggakan, Paduan Suara UNS Borong Tiga Gelar di SpanyolDok. Voca Erudita

Selain mengikuti lomba paduan suara 63rd International Choral Contest Habaneras and Polyphony, PSM Voca Erudita juga berpartisipasi dalam konser misi budaya di Villaricos, Almeria, Spanyol. Beberapa lagu daerah yang dibawakan dalam kesempatan ini antara lain adalah Sik Sik Sibatumanikam, Kicir-Kicir, Montor-montor Cilik, Tari Indang, Hela Rotan, Janger, Ahtoi Poros, Luk Luk Lumbu dan Yamko Rambe Yamko.

Selain itu, PSM Voca Erudita juga melakukan silahturahmi ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid dan berkesempatan untuk menunjukkan bakat di depan Wakil Duta Besar Indonesia untuk Spanyol. 

Ketua Umum PSM Voca Erudita mengatakan bahwa prestasi ini tidak mungkin dapat dicapai tanpa dukungan dari semua pihak termasuk sponsor. “Penghargaan yang kami terima, kami persembahkan untuk kalian semua yang telah mendukung kami. Kami tanpa kalian apalah daya kami, Terimakasih. Kepada semua pihak yang telah mensupport kami, sekali lagi kami ucapkan banyak terimakasih,” ujar Wahyu.

Baca juga: VIRAL: Kelompok Paduan Suara Muslim Bernyanyi dalam Festival Lagu Natal

Topik:

Berita Terkini Lainnya