Menteri Perhubungan Apresiasi Proses Pembangunan Trem di Surabaya

Mudah-mudah lekas terwujud.

Rencana pemerintah kota Surabaya untuk membangun moda transportasi massal berbasis angkutan trem mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Hal ini disampaikan Menteri Budi dalam kunjungan kerjanya ke Surabaya pada Sabtu (20/10). Dalam kunjungan itu juga dibahas perkembangan pembangunan angkutan massal trem di Surabaya. 

Menteri Perhubungan Apresiasi Proses Pembangunan Trem di Surabayasportourism.id

Menteri Budi juga memberikan apresiasi positif ketika mengetahui bahwa desain dan rancangan trem yang akan digunakan berasal dari karya anak bangsa.

Mendapat jaminan pemerintah pusat. 

Menteri Perhubungan Apresiasi Proses Pembangunan Trem di SurabayaHumas Pemkot Surabaya

Dalam kesempatan itu, Menteri Budi juga mengatakan bahwa pemerintah pusat akan membantu memberikan jaminan legal dan finansial. Hal ini diperlukan untuk memberi ketenangan pada pihak swasta baik dalam maupun luar negeri untuk dapat berperan dalam pembangunan ini. "Kami memberi contoh pengalaman pembangunan kereta api di daerah Jabodetabek menggunakan proyek APBU dan dari segi jaminan sosial sudah ada jaminan PSO terhadap investasi proyek ini," kata Budi dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Ahad (23/10).

Dengan adanya jaminan tersebut diharapkan tender akan dapat segera dilakukan. "Dari informasi yang saya dapat dari bu wali, pelelangan ini sudah mendapat respon yang cukup banyak dari para investor internasional dan dari hasil pertemuan hari ini kami memutuskan untuk segera melakukan tender," imbuhnya.

Baca juga: Kisah Risma Bujuk Ayah Yanuar hingga Dipelototi Pramugari

Diharapkan jadi role model bagi kota-kota lainnya. 

Menteri Perhubungan Apresiasi Proses Pembangunan Trem di SurabayaHumas Pemkot Surabaya

Dengan adanya proyek transportasi massal di kota Surabaya ini diharapkan dapat menjadi role model bagi kota-kota lain di Indonesia. "Kami berharap terobosan yang sudah dilakukan Surabaya dan Jakarta untuk mengatasi masalah transportasi di Indonesia mampu menjadi pilot project bagi kota-kota yang lain," ujarnya. 

Rencananya, pemerintah kota Surabaya akan melakukan tender segera setelah kajian tim ahli dengan tim dari kementerian. "Nanti kita akan pelajari bersama dengan tim, karena kemarin kita mau melakukan sendiri. Nanti coba kita lihat perkembangannya," ujar walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Baca juga: Siap-Siap, Surabaya Bakal Punya "Busway" dan Trem Sekaligus

Topik:

Berita Terkini Lainnya