[INFOGRAFIS] Tumbuh dan Suburnya Perilaku Bullying

Sifat suka merisak tumbuh bukan hanya karena karakter pribadi

Menurut American Psychological Association, bullying adalah sebuah bentuk agresi interpersonal yang kompleks dan dilakukan untuk beragam tujuan, serta termanifestasi dalam pola hubungan yang berbeda. 

Para psikolog tersebut juga melihat bahwa bullying bukan sebuah permasalahan sederhana antara seorang pelaku dan korban. Bullying adalah suatu fenomena kelompok yang terjadi dalam konteks sosial.

Sebabnya adalah bahwa perkembangan manusia itu dipengaruhi oleh interaksi antara individu-individu dengan berbagai sistem sosial seperti lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat. Dampak bullying bagi korban juga buruk.

Misalnya, kesehatannya semakin memburuk, kegelisahan meningkat, hingga kemungkinan tak mau lagi bersekolah. Dalam banyak kejadian bullying, teman-teman sebanya hanya diam saja dan menonton.

Bahkan, tak jarang mereka justru mendukung bullying. Mereka termasuk ke dalam aktor-aktor yang sangat berpengaruh dalam upaya anti-bullying. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, orang-orang ini justru diam saja saat bullying terjadi.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Pelecehan Online, Sisi Gelap Perkembangan Internet

[INFOGRAFIS] Tumbuh dan Suburnya Perilaku BullyingIDN Times

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Cepatnya Penindakan Korupsi di Korea Selatan, Bagaimana dengan Indonesia?

Topik:

Berita Terkini Lainnya