Di Tengah Kontroversi Kasus Hukum, Ahok Tetap Blusukan Hari Ini

Ahok janji takkan menertibkan pemukiman permanen

Setelah menjalani pengadilan ke-8 pada Selasa (31/1), lalu muncul berbagai kecaman yang kencang menyebutnya menghina ulama karena menanyai Ketua MUI Ma'ruf Amin yang jadi saksi JPU, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tetap menjalankan aktivitas blusukannya hari Kamis (2/2) di sejumlah titik di Jakarta.

Ahok blusukan untuk sosialisasikan penanganan banjir.

Di Tengah Kontroversi Kasus Hukum, Ahok Tetap Blusukan Hari IniDany F/ANTARA FOTO

Seperti dikutip dari Kompas, saat menyusuri kawasan pemukiman padat di Ciracas, Ahok bertanya pada warga setempat mengenai banjir. Menurut pengakuan warga, banjir masih merendam rumah mereka sampai empat jam. Warga tersebut menyebut banjir terakhir di lingkungan itu terjadi pada tahun 2016 lalu.

Ahok pun menyampaikan kepada warga bahwa pemerintah provinsi DKI Jakarta sedang melakukan normalisasi Kali Cipinang. Calon gubernur nomor urut 2 ini juga meminta warga agar tak menjual dulu lahannya sebab bila sudah tak banjir harganya akan mahal.

Beberapa warga juga meminta Ahok agar dalam proses normalisasi untuk tak menggusur rumah mereka. Ahok menegaskan bahwa pihaknya tak akan menertibkan pemukiman permanen dan meyakinkan yang menjadi target hanya pemukiman yang terletak di bantaran sungai. Ini dilakukan karena dalam normalisasi sungai harus disertai pembangunan jalan inspeksi.

Baca Juga: Survei Charta Politika Unggulkan Ahok-Djarot 2 Minggu Sebelum Hari Pencoblosan

Ahok sempat blusukan di daerah Ciracas dan menemui penderita stroke.

Di Tengah Kontroversi Kasus Hukum, Ahok Tetap Blusukan Hari IniDany F/ANTARA FOTO

Saat menyusuri salah satu jalan di Ciracas, Ahok menghampiri salah seorang bapak bernama Bambang Sucipto yang sedang bersama sang istri, Kusmaniarti. Ia kemudian menceritakan kepada Ahok bahwa kehidupan mereka susah. Semenjak Bambang sakit, Kusmaniarti mengaku sulit mencari nafkah sebab ia juga harus merawat sang suami. Ia meminta bantuan Ahok untuk meringankan beban mereka. Melalui ajudannya, Ahok meminta Kusmaniarti menunjukkan KTP, KK, serta kartu BPJS Kesehatan agar ia bisa membantu Kusmaniarti dan suaminya.

Warga meminta Ahok mengaspal jalan yang rusak.

Di Tengah Kontroversi Kasus Hukum, Ahok Tetap Blusukan Hari IniKurnia Sari Aziza/Kompas

Ahok dan timnya mendatangi Jalan Pegasing, Cilangkap, Jakarta Timur. Warga mengaku awalnya tak mengetahui keberadaan Ahok di lingkungan tersebut. Ketika menyusuri jalanan itu, Ahok bertemu dengan beberapa warga yang terkejut dan langsung menyalaminya. Ahok sempat menanyakan apakah warga memanfaatkan Taman Cempaka yang dikelola Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta.

Sejumlah warga yang berbondong-bondong mendatanginya pun menyampaikan permintaan mereka pada pasangan dari Djarot tersebut. Mereka ingin agar jalan di lingkungan mereka diaspal sebab banyak lubang dan kubangan air di sana. Bahkan, ada sejumlah titik yang belum tersentuh aspal. Ahok kemudian berjanji tahun ini akan merealisasikan aspirasi warga.

Baca Juga: Ahok Berkunjung ke Tempat Pidato Al Maidah, Ini yang Terjadi

Topik:

Berita Terkini Lainnya