Ayahnya Ditangkap KPK, Begini Curhatan Putri Eddy Rumpoko

Ganis Rumpoko berada di Liverpool ketika ayahnya ditangkap

Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, menjadi target Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada Sabtu (16/9). Ia sedang berada di rumah dinasnya ketika petugas KPK dan kepolisian menangkapnya. "Saya lagi di rumah, lagi mandi, tahu-tahu digedor. Katanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK," ujarnya ketika kepada media di Mapolda Jatim, Surabaya.

Menurut keterangan KPK, Eddy ditangkap bersama dengan empat orang lain yang salah satunya diduga memberi suap terkait proyek pengadaan mebel senilai Rp 5,2 miliar. Penangkapan Eddy sendiri terbilang mengejutkan. Pasalnya, selama dua periode menjabat - dan akan digantikan sang istri - ia menjadikan kota Batu sebagai salah satu tujuan wisata populer di Jawa Timur.

Hampir dua pekan setelah penangkapan Eddy, sebuah tulisan di sebuah website pribadi, Ganisrumpoko.com menjadi perbincangan di dunia maya. Tulisan itu berisi curhat sang putri, Ganis Rumpoko. Saat dikonfirmasi, Ganis membenarkan bahwa tulisan tersebut memang miliknya. "Iya, ready to share," katanya kepada IDN Times, melalui pesan singkat, Rabu (27/9).

Ganis dan sang ibu berada di Liverpool saat penangkapan KPK.

Ayahnya Ditangkap KPK, Begini Curhatan Putri Eddy RumpokoTwitter Ganis Rumpoko

Dalam tulisan yang diunggah pada Selasa (26/9) tersebut, Ganis menceritakan kejadian penangkapan itu dari sudut pandangnya. Ia mengungkap bahwa pada saat ayahnya ditangkap KPK, ia dan ibunya sedang ada di Liverpool untuk mempersiapkan kuliahnya.

Eddy menghubunginya pada Jumat malam waktu Batu. Melalui video call, Eddy menunjukkan adik perempuan Ganis bernama Raras yang masih terlihat riang di tempat tidurya.

"Papa bercerita malam itu dia baru pulang dari Pupuk Bawang dan ingin langsung tidur. Sempat kudengar Papa bilang pada Raras, besok hari Sabtu Raras libur dan bisa ikut Papa jalan-jalan," tulis Ganis.

Keesokan harinya, tepatnya hari Sabtu siang waktu Liverpool, ibu Ganis memberitahunya terkait penangkapan KPK. "Ketika kabar itu sampai di telingaku, yang ada di benakku hanya Raras dan aku langsung coba menghubunginya," ungkap Ganis.

Setelah beberapa kali mencoba, ia akhirnya bisa berbicara dengan sang adik. "Kak, Papa itu lho katanya mau ajak adik ke Amongtani, lihat kelinci, tapi terus langsung pergi sama temen-temennya," tulis Ganis, menirukan ucapan Raras.

"Sebatas yang aku tahu, hari itu Papa tidak punya agenda pertemuan dengan siapapun dan hanya ingin meluangkan waktu untuk Raras yang sedang galau karena Mamanya mengantarkanku pindah ke Liverpool," tambahnya. Ganis pun mengaku hanya bisa mendapatkan berita tentang kasus ayahnya dari pihak lain.

Baca juga: Terbukti Korupsi, Bos Samsung Divonis 5 Tahun Penjara

Ganis menilai ayahnya adalah seorang pekerja keras.

Ayahnya Ditangkap KPK, Begini Curhatan Putri Eddy RumpokoReno Esnir/ANTARA FOTO

Ganis, layaknya putri manapun, pasti sangat terkejut dengan situasi yang menimpa ayahnya. Apalagi ia berada di luar negeri untuk meneruskan pendidikan. Di mata Ganis, ayahnya adalah sosok yang bersemangat dalam membangun Batu.

"Aku yang hampir sepuluh tahun ini banyak berada di luar kota tak pernah absen mendengarkan kisah gembiranya di Kota Batu melalui telepon," ungkap Ganis. Ia pun mengaku ingin agar ayahnya juga memikirkan istirahat. Namun, tulis Ganis, ayahnya memilih bekerja dan bertemu warga.

Ia pun sempat mengkritik bagaimana media yang tak terlalu tertarik membahas kemajuan Batu dengan cara yang sama ketika memberitakan kejadian heboh. Ganis mengaku tak sedikit yang mengirimkan cacian ke media sosialnya, tapi banyak juga yang tetap memberi dukungan kepadanya.

"Beda dengan berita OTT seperti kemarin, yang meski tulisannya minim data, bahkan cuma salin tempel akun sosmed (enggak kaget juga sih kalau ada yang ngutip tulisan ini cuma sebagian tanpa konteks terus diberi judul melenceng jauh), langsung banyak menuai komen, share, dan kecaman personal."

Meski ayahnya tengah dijerat KPK, tapi Ganis mengaku tetap mendukung lembaga tersebut.

Ayahnya Ditangkap KPK, Begini Curhatan Putri Eddy RumpokoReno Esnir/ANTARA FOTO

Barangkali ini adalah bagian yang tak kalah penting dari curhatan Ganis. Ayahnya memang terjerat OTT, tapi ia mengaku itu tak lantas membuatnya membenci KPK.

"Sikapku masih sama, aku mendukung penuh upaya pemberantasan korupsi. Ketika peristiwa cicak vs buaya, kerap kali aku turun ke jalan bersama kawan-kawan yang lain untuk mendukung KPK yang terus menerus dikriminalisasi."

Ganis melihat KPK punya reputasi baik tak hanya karena berisi "banyak negarawan arif nan bijaksana", tapi juga setiap kali ada kasus, "semua bukti penyidikannya dilaporkan secara transparan". Ini juga yang diinginkan oleh Ganis sekarang. "Kuharap, dalam kasus ini, KPK masih seperti yang saat kudukung di foto ini. Foto yang sempat menjadi profile picture Papa dan Mamaku."

Ayahnya Ditangkap KPK, Begini Curhatan Putri Eddy RumpokoGanis Rumpoko

Eddy Rumpoko sendiri kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan tengah mengikuti proses penyidikan. Ia dikenai Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Baca juga: Namanya Disebut dalam Dugaan Korupsi e-KTP, Ini Jawaban Ahok

Topik:

Berita Terkini Lainnya